Plus-Minus Manchester City Rekrut Frenkie De Jong

Manchester City berminat rekrut De Jong

Jakarta, IDN Times - Manchester City gagal mendapatkan salah satu buruannya di musim panas 2023, yakni Declan Rice. Dia lebih memilih untuk membela Arsenal, ketimbang ManCity.

Menyusul kegagalan itu, ManCity mengalihkan pandangannya kepada gelandang Barcelona, Frenkie de Jong. Dilansir beberapa media di Inggris, ManCity bahkan sudah mengajukan penawaran untuk mengangkut De Jong. Terbaru, mereka melempar tawaran sebesar 90 juta poundsterling atau Rp1,7 triliun ke Barcelona agar bisa mendatangkan De Jong.

Angka yang cukup besar dan merupakan langkah berani buat ManCity. Namun, akankah dia cocok main bareng ManCity bersama Pep Guardiola?

Baca Juga: Barcelona Akhirnya Umumkan Kedatangan Ilkay Guendogan

1. Guardiola pengagum De Jong

Plus-Minus Manchester City Rekrut Frenkie De JongFrenkie de Jong (instagram.com/frenkiedejong)

Munculnya ide mendatangkan De Jong datang langsung dari manajer ManCity, Pep Guardiola. Sudah sejak lama, Guardiola memimpikan De Jong ada di skuad ManCity. Pada 2022 lalu, mereka sempat mendekati eks gelandang Ajax Amsterdam tersebut. Namun, loyalitas De Jong kepada Barcelona begitu tinggi.

Memang, tenaga De Jong dibutuhkan The Citizens, lantaran kekurangan pemain kreatif dan bertenaga di lini tengah. Sepeninggal Ilkay Guendogan, ManCity butuh pemain yang kreatif serta memiliki kemampuan sebagai pemecah kebuntuan dari lini tengah.

2. Apakah De Jong cocok di City?

Plus-Minus Manchester City Rekrut Frenkie De JongCheikhou Kouyate dan Frenkie de Jong. (goal.com)

De Jong sebenarnya punya atribut yang memenuhi kriteria ManCity. Dia dikenal sebagai gelandang cerdas, yang tahu caranya memanfaatkan dan mengeksploitasi ruang. Dia juga andal dalam mendistribusikan bola serta mengatur tempo.

Selama di Ajax dan Barcelona, kemampuannya ini yang membantu kedua tim itu menguasai laga. Baik ketika dipasangkan sebagai pivot, atau berpasangan dengan gelandang lain, De Jong sering menampilkan kecerdasan tinggi dalam bermain.

Alhasil, bukan cuma Guardiola, Erik ten Hag yang pernah melatihnya langsung di Ajax pun kagum. Xavi Hernandez pun menjadikan De Jong sebagai salah satu pilihan inti di lini tengahnya.

3. De Jong harus bersaing

Plus-Minus Manchester City Rekrut Frenkie De Jongtwitter.com/DeJongFrenkie21

Dikagumi Guardiola, bukan berarti De Jong bisa langsung masuk starting XI ManCity. Meski Guendogan sudah pergi, tetapi bukan berarti persaingan di lini tengah ManCity bakal mengendur.

Jack Grealish, Kevin De Bruyne, Bernardo Silva, dan Phil Foden, akan jadi pesaing De Jong di ManCity. Ada juga Rodri yang memiliki karakter tak jauh beda dengan De Jong. Kondisi ini mirip saat di Barcelona.

Kehadiran De Jong pastinya akan memanaskan persaingan di lini tengah ManCity. Namun, secara taktik, dia adalah pemain yang bisa membuat lini tengah skuad asuhan Guardiola itu lebih kuat dan berwarna.

Baca Juga: Manchester City yang Sudah Terbiasa Ditinggal Legenda

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya