Polemik PSM Tak Dapat Hadiah Juara Liga 1 2022/23

Rupanya hal ini sudah berlaku sejak lama

Jakarta, IDN Times - Polemik terjadi seiring gelar juara Liga 1 2022/23 yang didapat oleh PSM Makassar. Rupanya, tidak ada hadiah uang yang diterima oleh tim berjuluk Juku Eja tersebut.

PSM sukses menjadi juara musim ini usai mengungguli Persib Bandung dan Persija Jakarta. Sepanjang musim 2022/23, mereka tampil konsisten dan jarang kalah.

Sialnya, tak ada hadiah uang yang mereka dapat usai menjadi kampiun Liga 1 2022/23. Sontak, hal ini jadi perbincangan tersendiri. Sebenarnya, seperti apa kebijakan yang diterapkan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) soal hadiah juara?

1. Sindiran mengalir deras dari para pemain PSM

Polemik PSM Tak Dapat Hadiah Juara Liga 1 2022/23Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares bersama official PSM Makassar mengangkat trofi juara BRI Liga 1 di Stadion Gelora BJ Habibie, Kabupaten Pare-Pare, Sulawesi Selatan, Minggu (16/4/2023). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/YU

Para pemain PSM pun mengeluarkan sindiran di media sosial (medsos) terkait tak adanya hadiah uang juara yang didapat PSM ini. Di akun Instagram pribadinya, Yance Sayuri menyindir tentang apa hadiah yang didapat juara 1.

"Juara 1 dapat apa?? Kasihan sekali ee," tulis Yance.

Hal yang sama juga didapatkan oleh Safrudin Tahar. Pemain yang berposisi sebagai bek itu menyebut tidak ada 'hilal' alias kejelasan mengenai hadiah uang jelang Lebaran.

Baca Juga: Siap-Siap, Operator Liga 1 dan Liga 2 Berbeda Musim Depan

2. Penjelasan dari PT LIB

Polemik PSM Tak Dapat Hadiah Juara Liga 1 2022/23Dirut PT LIB, Ferry Paulus saat menghadiri Owner's Meeting Club Liga 2, Rabu (14/12/2022). (IDN Times/Tino).

Terkait tidak adanya hadiah uang untuk PSM, Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus menegaskan sejak awal musim sudah diinformasikan tidak ada hadiah berupa uang untuk juara. Dalam hal ini, tim juara hanya mendapatkan trofi.

"Semua sudah dikonversikan ke dalam uang kontribusi yang diterima klub. Sampai saat ini semua klub memahami hal tersebut. Patut diketahui, kesepakatan ini sudah muncul sejak musim 2018," tegas Ferry, Selasa (18/4/2023) siang WIB.

3. Memang tidak ada hadiah uang sejak 2018

Polemik PSM Tak Dapat Hadiah Juara Liga 1 2022/23ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Sejak 2018, juara Liga 1 memang tidak mendapatkan hadiah uang. Momen ketika juara Liga 1 menerima uang terjadi pada 2017 silam. Setelahnya, hadiah uang tunai hanya diberikan kepada para peraih penghargaan individu.

Persija Jakarta dan Bali United selaku juara musim 2018, 2019, serta 2021/22. juga tidak mendapatkan hadiah usai juara. Alhasil, sejatinya apa yang didapatkan PSM memang merupakan sesuatu yang sudah diterapkan sejak lama.

Baca Juga: Si Paling Sibuk, 5 Pemain PSM dengan Menit Bermain Terbanyak

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya