Comscore Tracker

Portugal Baik-Baik Saja Tanpa Cristiano Ronaldo

Lini depan Portugal tampil lebih produktif

Jakarta, IDN Times - Fernando Santos akhirnya mengambil keputusan tegas soal Cristiano Ronaldo. Buah dari tindakan tak terpujinya saat bersua Korea Selatan, dia akhirnya memarkir sang bintang saat Portugal bersua Swiss.

Portugal berhadapan dengan Swiss dalam babak 16 besar Piala Dunia 2022, Rabu (7/12/2022) dini hari. Dalam laga tersebut, Ronaldo tidak diturunkan sejak menit awal laga, tidak seperti di laga-laga fase grup.

Akan tetapi, siapa sangka Portugal justru tampil lebih menakutkan tanpa Ronaldo. Hal itu terbukti dari apa yang mereka tunjukkan ketika lawan Swiss. Mereka dominan, sekaligus klinis.

1. Portugal jadi lebih menakutkan

Portugal Baik-Baik Saja Tanpa Cristiano RonaldoCristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes melakukan selebrasi usai Portugal membobol gawang Uruguay dalam laga lanjutan Grup H Piala Dunia 2022. (Twitter/@selecaoportugal)

Berhadapan dengan Swiss, yang digawangi Yann Sommer di bawah mistar, Portugal justru jadi lebih menakutkan tanpa Ronaldo. Mereka sukses mencatatkan 15 tembakan, dan sembilan di antaranya mengarah ke gawang.

Klinisnya Portugal ini juga sejalan dengan lancarnya permainan mereka, terutama di lini serang. Bruno Fernandes yang jadi motor serangan sukses mencatatkan tiga umpan kunci. Dia ditopang Raphael Guerreiro yang acap menembus dari sayap.

Selain itu, peran dari Joao Felix pun begitu terasa. Dia acap jadi pengalir bola di area sepertiga akhir, menopang kinerja dari Fernandes. Ketika Ronaldo tidak ada, justru lini depan Portugal berfungsi dengan baik.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Portugal Bantai Swiss di Piala Dunia 2022

2. Peran Ronaldo yang akan ditentukan

Portugal Baik-Baik Saja Tanpa Cristiano RonaldoCristiano Ronaldo gandeng player escort asal Indonesia, Ulul Albab El Ibrahim di laga Portugal vs Ghana di Piala Dunia 2022 (instagram.com/@indonesiaindoha)

Menilik berjalannya lini depan Portugal tanpa Ronaldo ini, Santos mengaku bahwa peran Ronaldo ke depan akan ditentukan. Namun, dia tetap mengakui Ronaldo punya peran penting di tim.

"Peran Ronaldo jadi sesuatu yang harus ditentukan kelak. Saya punya hubungan dekat dengannya. Masalah ini (dia tidak turun sejak awal) sudah selesai di laga ini. Intinya, ke depan kita harus tetap main kolektif," tutur Santos, dilansir ESPN FC.

3. Tak ada Ronaldo? Portugal tak perlu khawatir

Portugal Baik-Baik Saja Tanpa Cristiano RonaldoPara pemain Portugal melakukan selebrasi usai mencetak gol. Berusua Ghana, Portugal menang tipis 3-2 dalam laga Grup H Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022). (Twitter/@WorldCup2022)

Kendati kelak Ronaldo tidak dimainkan lagi, jikalau Portugal melangkah jauh di Piala Dunia 2022, mereka tak perlu khawatir. Para pemain muda Portugal sudah menunjukkan taji di laga ini, tak terkecuali Goncalo Ramos.

Ramos sukses mencetak hat-trick di laga ini, dengan permainan klinisnya. Belum lagi ada nama-nama macam Felix dan Rafael Leao yang bisa memberi warna baru di lini serang Portugal. Peran Fernandes pun tak bisa dinafikkan.

Portugal bisa menciptakan lini serang yang cair dengan skuad yang mereka miliki. Namun, ketika ada Cristiano Ronaldo, belum tentu kecairan ini akan tercipta kembali. Laga lawan Swiss cukup jadi bukti.

Baca Juga: Saatnya Bruno Fernandes Bersinar Bersama Portugal di Turnamen Mayor

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya