Profil Gelora Joko Samudro, Venue Ricuh Gresik United vs Deltras

Berikut profil singkat Gelora Joko Samudro

Jakarta, IDN Times - Nama Stadion Gelora Joko Samudro jadi sorotan. Pasalnya, pada Minggu (19/11/2023), stadion ini jadi venue kericuhan pasca laga Liga 2 antara Gresik United vs Deltras, melibatkan suporter dan kepolisian.

Kericuhan ini diduga berawal dari kekecewaan suporter Gresik United atas performa timnya. Sialnya, kekecewaan itu terlalu bablas, sehingga akhirnya kericuhan terjadi antara para suporter dan kepolisian di Gelora Joko Samudro.

Bicara mengenai Gelora Joko Samudro, stadion ini sejatinya merupakan stadion baru. Stadion ini juga jadi salah satu stadion yang cukup representatif di area Jawa Timur.

1. Berlokasi di Kebomas, Gresik

Profil Gelora Joko Samudro, Venue Ricuh Gresik United vs DeltrasIDN Times/Ardiansyah Fajar

Gelora Joko Samudro berlokasi di Kebomas, Gresik, Jawa Timur. Jika ditelisik menggunakan Google Maps, stadion ini hanya berjarak 20 km, atau 36 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor, dari Surabaya, Ibu Kota Jawa Timur.

Selain dekat dengan Kota Surabaya, Gelora Joko Samudro juga ternyata berdekatan dengan Gelora Bung Tomo. Menilik Google Maps, jarak antara Gelora Joko Samudro dan Gelora Bung Tomo hanya 7,7 km, atau 13 menit perjalanan dengan motor.

Stadion ini dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, dengan menelan dana sekitar Rp300 miliar. Stadion ini diresmikan pada 22 September 2015 oleh Gubernur Jawa Timur saat itu, Soekarwo.

Baca Juga: Gresik United vs Deltras Sidoarjo Rusuh, Ada Gas Air Mata Lagi

2. Kapasitas lumayan dengan rumput lumayan

Profil Gelora Joko Samudro, Venue Ricuh Gresik United vs DeltrasKondisi bagian stadion Gelora Joko Samudro, Gresik usai kericuhan para suporter Gresik United. (IDN Times/Ardiansyah Fajar)

Secara kapasitas, Gelora Joko Samudro memiliki kapasitas yang lumayan, yakni 25.000. Memang kapasitasnya tidak sebesar Gelora Bung Tomo yang mencapai 46.800 penonton, tetapi mumpuni untuk menggelar laga berskala besar.

Kapasitas stadion yang besar ini juga dibarengi dengan penggunaan rumput yang apik, yakni zoysia matrella. Rumput ini lazim digunakan di beberapa stadion Indonesia, dan termasuk rumput alami.

3. Sempat digunakan Persebaya Surabaya

Profil Gelora Joko Samudro, Venue Ricuh Gresik United vs DeltrasPesepak bola Persebaya Surabaya Januar Eka Ramadhan (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang PSS Sleman dalam lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Jawa Timur, Senin (13/2/2023). ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/Zk/rwa.

Dengan kualitasnya yang terbilang mumpuni ini, tak heran ada beberapa klub yang bermarkas di Gelora Joko Samudro. Selain Gresik United, Persebaya Surabaya juga pernah menggunakan stadion ini selama putaran kedua Liga 1 2022/23.

Kepindahan Persebaya ini tak lepas dari proses renovasi yang tengah dijalani Gelora Bung Tomo saat itu, menyambut Piala Dunia U-17 2023. Gelora Joko Samudro pun mampu menampung animo Bonek kala itu.

Berikut sekilas tentang Gelora Joko Samudro. Terlepas dari kericuhan yang terjadi di sana pasca Gresik United vs Deltras, stadion ini jadi salah satu stadion representatif yang dimiliki oleh Jawa Timur, selain Gelora Bung Tomo dan Gelora Delta, Sidoarjo.

Baca Juga: Ricuh Gresik United vs Deltras Sidoarjo, Harus Ada Sanksi Pidana

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya