Profil Maciej Gajos, Pemain Baru Persija Eks Rekan Egy Maulana

Gajos dan Egy pernah setim di Lechia

Jakarta, IDN Times - Persija Jakarta akhirnya mengumumkan pemain asing keempatnya di musim ini. Dia adalah Maciej Gajos, pemain asal Polandia yang pernah membela Lech Poznan dan Lechia Gdansk.

"Saya sangat senang bisa bergabung di Persija. Ini jadi perjalanan baru dalam karier saya. Saya sudah tidak sabar untuk bisa segera bermain membela tim ini," ujar Gajos saat diperkenalkan pada Jumat (14/7/2023).

Seperti apa profil dari pemain yang juga pernah mengecap caps bersama Timnas Polandia itu?

1. Memulai karier di Rakow Czectochowa

Profil Maciej Gajos, Pemain Baru Persija Eks Rekan Egy MaulanaPemain asing baru Persija Jakarta, Maciej Gajos (IDN Times / Tino Satrio)

Gajos lahir di Blachowia, salah satu kota kecil yang ada di Polandia. Dia memulai karier di klub lokal, Rakow Czetochowa, dan menembus tim inti saat usianya memasuki 20 tahun.

Bersama Rakow, Gajos berhasil mencetak 19 gol dari 95 laga yang dilakoni di semua ajang. Memasuki musim 2012/13, bakatnya tercium oleh Jagiellonia Bialystok. Tiga musim di sana, Gajos makin gemilang dan sukses mencetak 23 gol dari 108 laga.

Dari sini, Gajos mulai bersinar. Pada musim 2015/16, dia pun berlabuh di Lech Poznan. Bakat Gajos pun diakui lewat pemanggilan ke Timnas Polandia untuk Kualifikasi Euro 2016. Dia pun mencatatkan debut dalam laga lawan Irlandia.

Di Poznan, Gajos mencetak 18 gol dari 151 laga di semua ajang, sekaligus memenangi gelar Piala Super Polandia pada musim 2016/17. Empat musim bermain di sana, Gajos pun pindah ke Lechia Gdansk pada musim 2019/20.

Baca Juga: Akhirnya, Persija Daratkan Pemain Asing Keempatnya

2. Rekan setim Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman

Profil Maciej Gajos, Pemain Baru Persija Eks Rekan Egy MaulanaMaciej Gajos, pemain baru Persija. (Dok. Persija)

Nah, di Lechia, Gajos bertemu dengan dua pemain asal Indonesia, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman. Pada musim 2019/20, bersama dengan Egy, Gajos memenangi gelar Piala Super Polandia. Dia menjadi andalan di lini tengah Lechia.

Total, Gajos memainkan 135 laga bersama Lechia di semua ajang, dan mencatatkan 18 gol. Kemampuan Gajos pun diakui oleh Egy, yang sekarang membela Dewa United.

"Dia (Maciej Gajos) adalah pemain bagus. Dia bisa membantu pemain-pemain muda kita dengan pengalamannya yang banyak di Eropa. Dia bisa menaikkan level para pemain Indonesia," ujar Egy kepada para jurnalis beberapa waktu lalu.

3. Maciej Gajos jadi amunisi penting Persija

Profil Maciej Gajos, Pemain Baru Persija Eks Rekan Egy MaulanaMaciej Gajos, pemain baru Persija. (Dok. Persija)

Pelatih Persija, Thomas Doll, menyebut Gajos adalah pemain yang bisa memberikan dampak positif bagi tim. Dia bisa main di banyak posisi, memiliki kemampuan set piece dan tembakan jarak jauh yang luar biasa.

"Gajos adalah gelandang yang menarik. Dia kaya pengalaman, tekniknya tinggi, suka bermain ke depan, dan memiliki tembakan jarak jauh luar biasa," kata Doll.

"Selain itu, dia mampu bermain di banyak posisi serta bisa diandalkan saat kondisi set piece. Saya senang Persija membawanya ke sini dan bisa segera bergabung dengan tim," lanjutnya.

Sekarang, mari kita nantikan seperti apa performa Maciej Gajos di Persija. Akankah dia benar-benar membawa hal baik bagi Macan Kemayoran? Atau justru sebaliknya?

Baca Juga: Jakmania Datang saat Persija Tandang ke Markas Persikabo

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya