Profil Savio: Sosok Kunci di Balik Menggeliatnya Girona di LaLiga

Savio membawa Girona melesat sejauh ini

Jakarta, IDN Times - Girona jadi tim yang mengejutkan di LaLiga 2023/24. Mereka memuncaki klasemen sementara liga, unggul atas Real Madrid dan Barcelona.

Nah, di balik performa apik mereka, ada peran dari Savio Moreira de Oliveira. Dia jadi salah satu aktor kunci bagi Girona sejauh ini di LaLiga.

Pemain asal Brasil ini menjelma jadi sosok yang menghidupkan lini serang Girona, yang begitu produktif di LaLiga.

1. Profil singkat Savio

Profil Savio: Sosok Kunci di Balik Menggeliatnya Girona di LaLigaSavio Moreira (twitter.com/GironaFC)

Savio, atau yang karib juga dipanggil Savinho, awalnya merupakan pemain yang tidak terlalu terkenal. Dia adalah lulusan akademi Atletico Mineiro, dan sempat diasuh Jorge Sampaoli saat tembus tim senior Mineiro.

Apik bersama Mineiro, Savio pun akhirnya direkrut Troyes. Namun, sebelum debut bersama klub asal Prancis itu, dia dipinjamkan ke PSV Eindhoven.

Belanda jadi tempatnya melakoni debut di Eropa. Dia sempat mentas di PSV U-21 juga.

Selepas mencatatkan nama di Belanda, Savio dikembalikan ke Troyes. Namun, sebelum melakoni debut lagi di Prancis, dia sudah dipinjamkan lagi.

Kini, Girona-lah yang jadi tempat peminjaman Savio selanjutnya.

Baca Juga: 10 Pemain Baru Girona pada Musim Panas 2023

2. Bersinar bersama Girona

Profil Savio: Sosok Kunci di Balik Menggeliatnya Girona di LaLigaSavinho saat membela Girona. (instagram.com/savinho)

Pindah ke Girona ternyata menjadi berkah bagi Savio. Diubah posisinya menjadi sayap kiri, Savio tampil ciamik dan mampu memberi kontribusi maksimal.

Dribel-dribelnya jadi ancaman bagi lawan, selain juga gol dan assist-nya.

LaLiga mencatat, Savio menorehkan 18 dribel sukses sejauh ini di liga, dengan lima umpan kunci dan juga sembilan umpan kunci penting.

Semua itu berpadu dengan torehan dua gol dan empat assist-nya.

Salah satu penampilan apik Savio terjadi dalam laga lawan Granada dan Real Mallorca. Total, dari dua laga itu, Savio mencetak dua gol dan dua assist.

Dia juga membawa Girona memenangi dua laga tersebut.

3. Savio merupakan sebuah permata tersembunyi

Profil Savio: Sosok Kunci di Balik Menggeliatnya Girona di LaLigaPemain Girona, Savio, yang tengah moncer saat ini. (Dok. LaLiga)

Marca Junior Chavare, sosok yang menemukan Savio di Brasil, mengungkapkan bahwa sang pemain layaknya permata tersembunyi. Sejak di Mineiro, dia sudah menunjukkan sikap profesional yang apik sebagai pemain.

"Kami tahu bahwa Savio adalah hidden gem. Dia selalu menonjol sejak muda. Dia juga adalah seorang profesional dengan mental yang luar biasa. Kelak, dia punya potensi untuk main di klub-klub besar," ujar Chavare.

LaLiga baru berjalan tujuh pekan sekarang. Masih banyak kesempatan bagi Savio untuk membawa Girona terbang tinggi. Andai itu terjadi, jangan heran pemain yang kini berusia 19 tahun bisa membela klub selevel Real Madrid atau Barcelona kelak.

Baca Juga: Viktor Tsygankov, Investasi Terbaik Girona pada 2022/2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya