Profil Szymon Marciniak: Wasit Final Piala Dunia 2022

Szymon Marciniak bakal pimpin laga final

Jakarta, IDN Times - FIFA sudah menunjuk wasit yang akan memimpin laga final Piala Dunia 2022 antara Argentina dan Prancis, Minggu (18/12/2022). Szymon Marciniak mendapat kehormatan untuk memimpin laga tersebut.

Dilansir 90min, Marciniak pun bakal jadi wasit Polandia pertama yang memimpin laga final Piala Dunia. Namun, sepanjang pengalamannya menjadi wasit, dia memang terbiasa dengan laga-laga ketat di Liga Champions dan kompetisi-kompetisi lain.

1. Siapa sebenarnya Szymon Marciniak?

Profil Szymon Marciniak: Wasit Final Piala Dunia 2022Szymon Marciniak, wasit final Piala Dunia 2022. (90min.com)

Marciniak adalah wasit yang kini berusia 41 tahun, dan sudah masuk dalam daftar wasit FIFA sejak 2013. Namun, kariernya sebagai wasit sejatinya sudah dimulai pada 2009, sejak dia memimpin beberapa laga di kompetisi top Polandia.

Sejak memimpin laga Juventus lawan Malmo di Liga Champions pada 2014, Marciniak sudah wara-wiri memimpin laga-laga besar di Eropa dan dunia. Dia pernah memimpin laga Piala Super Eropa pada 2018 antara Atletico Madrid vs Real Madrid.

Baca Juga: Wasit Irit Kartu Pimpin Laga Final Piala Dunia 2022

2. Marciniak pernah mewasiti laga Prancis dan Argentina

Profil Szymon Marciniak: Wasit Final Piala Dunia 2022Aksi pemain Prancis saat bentrok dengan Maroko di laga semifinal Piala Dunia 2022. (Twitter/@WorldCup2022)PrancisvsMaroko, PialaDunia2022

Marciniak sendiri memiliki pengalaman mewasiti laga Prancis dan Argentina. Khusus Prancis, ada dua laga yang dia pimpin. Laga pertama terjadi pada 2020 silam dalam ajang UEFA Nations League. Ketika itu, Prancis bersua Swedia.

Sosok asal Polandia itu juga pernah memimpin laga Prancis di Piala Dunia 2022, saat 'Les Bleus' bertemu Denmark di fase grup. Tidak cuma laga Prancis, Marciniak juga pernah memimpin laga Argentina.

Sama seperti Prancis, Marciniak pernah memimpin dua laga Argentina. Pertama, saat Argentina bertemu Islandia di Piala Dunia 2018. Kedua, di ajang Piala Dunia 2022 saat Argentina bentrok dengan Australia di babak 16 besar.

3. Marciniak ditemani dua asisten dari Polandia

Profil Szymon Marciniak: Wasit Final Piala Dunia 2022Penyerang Argentina Julian Avarez saat bertabrakan dengan Kiper Kroasia Dominik Livakovic, yang akhirnya dianggap pelanggaran hingga lahir penalti kontroversial dalam laga semifinal Piala Dunia 2022. (fifa.com).

Saat laga final nanti, Marciniak tidak akan bertugas sendirian. Ada dua asisten wasit asal Polandia yang akan menemaninya. Mereka adalah Pawel Sokolnicki dan Tomasz Listkiewicz.

Argentina akan bersua Prancis dalam laga final Piala Dunia 2022 yang dihelat di Lusail Stadium, Minggu (18/12/2022) malam. Tentunya, laga sekelas final Piala Dunia ini akan jadi pengalaman tersendiri bagi Szymon Marciniak.

Baca Juga: Berapa Gaji Wasit Piala Dunia 2022 Qatar? Ini Rinciannya

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya