Comscore Tracker

PSSI Kaji Kehadiran Penonton di Pertandingan Liga 1 dan 2

Penonton belum bisa hadir di ajang Liga 1 dan Liga 2

Jakarta, IDN Times - Otoritas sepak bola Indonesia, PSSI, menyebut akan menggelar uji coba kehadiran penonton di stadion dalam waktu dekat. Hal itu seiring dengan potensi hadirnya penonton di ajang Liga 1 dan Liga 2 2021/22.

"Kita akan melajukan uji coba (kehadiran penonton di stadion) untuk mengkaji ke tahapan berikutnya. Nanti kami akan juga bertemu ketua suporter, untuk berdiskusi nanti bagaimana tahapannya agar suporter ke stadion," ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam jumpa pers virtual.

Baca Juga: Menpora Akan Temui PSSI, Bahas Penonton di Liga 1 dan Liga 2

1. Penonton tidak akan langsung hadir dalam kapasitas penuh

PSSI Kaji Kehadiran Penonton di Pertandingan Liga 1 dan 2Instagram/@persib_official

Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan, mengungkapkan bahwa penonton nantinya tidak akan hadir penuh di stadion. Kira-kira, kapasitas stadion hanya akan diisi sebanyak 20 persen saja. Semua juga tergantung diskusi antara PSSI dan suporter.

"Nanti pendapat suporter kita jadikan dasar keputusan juga, dan nanti juga tidak akan langsung penonton hadir full. Ya, bisa 20 persen dulu. Intinya kami masih akan kaji ke depannya," tutur Iwan.

Baca Juga: Klub Liga 2 Penunggak Gaji Bisa Kena Sanksi dari PSSI

2. Masih banyak yang perlu dipertimbangkan PSSI

PSSI Kaji Kehadiran Penonton di Pertandingan Liga 1 dan 2Menpora Zainudin Amali bersama dengan Ketua PSSI Mochamad Iriawan (Dok. IDN Times/Istimewa)

Iwan menyebut, sesuai dengan hasil rapat antara internal PSSI, beserta diskusi mereka dengan Kemenko Marves dan BNPB selaku Satgas COVID-19, banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum suporter datang ke stadion.

Beberapa hal yang masuk dalam perhatian PSSI adalah infrastruktur stadion, teknologi IT di stadion, serta diskusi dengan suporter. Apalagi, suporter yang nantinya masuk harus melalui proses swab antigen dan sudah dua kali divaksin.

"Karena intinya harus bervaksin, sesuai aplikasi yang ada. Kita juga pastikan ingin setiapp enonton yang masuk harus di antigen, itu ketentuan. Itu tidak murah dan itu perlu dihitung biayanya juga," tutur Iwan.

3. PSSI akan berkomunikasi dengan stakeholder yang ada

PSSI Kaji Kehadiran Penonton di Pertandingan Liga 1 dan 2Pertemuan Menpora, PSSI, Polri, dan PT LIB soal izin Liga 1 2021. (Dok. Humas Kemenpora)

Lebih lanjut, Iwan mengungkapkan PSSI akan terus berkomunikasi dengan semua stakeholder yang ada, termasuk Kemenpora, Polri, Satgas COVID-19, dan semua pihak yang terlibat dalam gelaran Liga 1 dan Liga 2. Perlu ada kajian-kajian mendalam yang dilakukan soal kehadiran penonton ini.

"kita akan terus mengkaji dan berdiskusi. Kita juga mohon waktu, dan rapat-rapat internal harus kami lakukan. Jadi, tidak serta merta langsung ada penonton di Liga 1 dan Liga 2 2021/22," ujar Iwan.

Baca Juga: Dijatuhi Sanksi Rp100 Juta, PSM Sayangkan PSSI Minim Teguran Langsung

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya