PSSI Pakai Asisten Wasit Tambahan di Sisa Laga Liga 1

Wasit Liga 1 jadi sorotan di media sosial akhir-akhir ini

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), akan menerapkan asisten wasit tambahan di sisa laga Liga 1 2021/22. Hal ini untuk meminimalisasi kesalahan-kesalahan yang acap diambil wasit dalam mengambil keputusan.

"Semoga AAR (asisten wasit tambahan) ini bisa menjadi solusi sebelum kita memakai video assistant referee (VAR)," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, dilansir situs resmi federasi, Jumat (4/3/2022).

1. Asisten wasit tambahan ini sudah menjalani pelatihan

PSSI Pakai Asisten Wasit Tambahan di Sisa Laga Liga 1Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi. (PSSI.org)

Yunus menguraikan, asisten wasit tambahan ini sudah menjalani pelatihan pada 10 sampai 14 Februari 2022 lalu, didampingi instruktur wasit FIFA. Pada 9 Maret 2022, diperkirakan asisten wasit tambahan ini sudah bisa diterapkan di pertandingan.

"Dalam prosesnya, PSSI telah mengedukasi seluruh wasit yang nantinya akan ditugaskan sebagai AAR pada tanggal 10-14 Februari lalu dengan mendatangkan dua orang instruktur wasit FIFA," kata Yunus.

Baca Juga: Perang Puputan BRI Liga 1 yang Bawa Berkah

2. Sempat ada kendala dalam pengadaan alat

PSSI Pakai Asisten Wasit Tambahan di Sisa Laga Liga 1Sekjen baru PSSI, Yunus Nusi. (pssi.org)

Yunus mengungkapkan, penerapan asisten wasit tambahan ini sempat mengalami kendala. Salah satu kendala yang cukup mengganggu adalah soal ketiadaan alat-alat khusus. Kini, masalah itu sudah teratasi dan alat-alat sudah tiba di Bali.

"Terkait penerapan asisten wasit tambahan, sejauh ini PSSI sempat mengalami kendala dalam pengadaan alat-alat khusus untuk digunakan," tutur Yunus.

3. Upaya PSSI mengatasi masalah soal wasit

PSSI Pakai Asisten Wasit Tambahan di Sisa Laga Liga 1Sekjen PSSI, Yunus Nusi (kiri), Ketum PSSI Mochamad Iriawan (tengah), dan Ketua Komdis PSSI Erwin Tobing (kanan) saat konferensi pers mengumumkan tindak lanjut PSSI dalam kasus pengaturan skor di Kantor PSSI, Jakarta, Sabtu (6/11/2021).

Penerapan asisten wasit tambahan ini jadi upaya PSSI dalam membenahi kinerja wasit di Liga 1 2021/22. Sebab, dalam beberapa laga, wasit acap jadi perbincangan di dunia maya. Penggunaan asisten wasit tambahan ini jadi salah satu solusi yang muncul.

"PSSI bergerak cepat dengan melakukan analisis mendalam terkait kejadian tersebut dan mendapat dua sudut pandang sekaligus untuk mencari solusi, salah satunya dengan memakai asisten wasit tambahan," kata Yunus lagi.

Baca Juga: PSSI: Sanksi Tegas Menanti Wasit yang Bikin Kesalahan Fatal

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya