PSSI Seleksi 132 Pemain untuk Timnas U-17 Indonesia

Seleksi berlangsung selama tiga hari

Jakarta, IDN Times - PSSI resmi menggelar seleksi untuk menentukan skuad terbaik Timnas U-17, Kamis (5/7/2023). Sebanyak 132 pemain ikut serta dalam seleksi yang dihelat di Stadion Madya ini.

Sebagaimana diketahui, skuad Garuda Muda dipastikan mentas di Piala Dunia U-17 2023. Tim besutan Bima Sakti itu dapat tiket lolos ke putaran final usai dipikih FIFA jadi tuan rumah.

Seleksi ini dipantau langsung Direktur Teknik Garuda Select, Dennis Wise, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, dan pelatih Timnas U-17 Bima Sakti. Seleksi akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 5 sampai 7 Juli 2023.

1. Tidak hanya dipilih untuk Timnas U-17

PSSI Seleksi 132 Pemain untuk Timnas U-17 IndonesiaSeleksi Timnas U-17 dan Garuda Select. (Dok. PSSI)

Indra berkata, seleksi ini tidak cuma memilih para pemain untuk Timnas U-17 saja. Lebih lanjut, seleksi ini bakal memilih juga para pemain yang nanti akan main untuk Garuda Select.

"Akan ada sinergi program antara seleksi yang dilakukan ini dan seleksi timnas. Setelah proses seleksi ini selesai dilakukan, kita memberikan pemain-pemain terbaik untuk timnas, kemudian untuk program Garuda Select,” ujar Indra.

Baca Juga: Dirtek Baru PSSI Jadi Pendamping Bima Sakti di Timnas U-17

2. Pemain juga tetap didapat dari kompetisi

PSSI Seleksi 132 Pemain untuk Timnas U-17 IndonesiaSeleksi Timnas U-17 dan Garuda Select. (Dok. PSSI)

Indra menambahkan seleksi yang dilakukan program Garuda Select, bukan menjadi satu-satunya cara mendapatkan pemain terbaik. Nantinya, akan ada pemantauan langsung pemain saat mereka tampil di kompetisi.

“Pemilihan pemain tentu akan lebih akurat jika kita melakukan pemantauan di lapangan bukan dengan seleksi yang berlangsung selama dua sampai tiga hari. Tetapi, hal ini akan membantu bagi tim pelatih untuk melihat potensi dari para pemain,” beber Indra.

3. Mekanisme yang diterapkan di seleksi

PSSI Seleksi 132 Pemain untuk Timnas U-17 IndonesiaTimnas U-16 jalani TC di Yogyakarta. (pssi.org)

Seleksi Garuda Select dilakukan dengan memainkan semua pemain dalam pertandingan internal berdurasi 2x20 menit. Total 132 pemain dibagi menjadi 12 tim. Mereka diminta menunjukkan permainan terbaiknya sesuai dengan posisi mereka masing-masing.

Mereka yang terpilih pun nantinya akan masuk dalam skuad Garuda Select angkatan keenam, dan para pemain terpilih akan menjalani latihan intensif di Britania Raya, Inggris. Akan ada juga beberapa pemain yang masuk Timnas U-17.

Baca Juga: Tahap Seleksi Timnas U-17 Jelang Piala Dunia: Ada Peran Garuda Select

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya