Ramalan Jacksen Tiago yang Jadi Kenyataan di Timnas U-20

Zanadin Fariz jadi andalan di lini tengah

Jakarta, IDN Times - Pada Juni 2022 lalu, eks pelatih Persis Solo, Jacksen F Tiago, pernah menelurkan suatu prediksi. Dia menyebut, Zanadin Fariz dan Althaf Alrizky bisa masuk skuad Timnas U-20 Indonesia jika ada kesempatan.

Prediksi ini tentu dibuat Jacksen dengan perhitungan matang. Sering melihat langsung permainan keduanya, Jacksen mengakui kualitas permainan Zanadin dan Althaf. Mereka punya potensi yang bagus, menurut Jacksen.

"Saya sendiri memprediksi jika suatu saat nanti Coach Timnas (Indonesia) nonton Fariz dan Althaf, mereka bisa masuk Piala Dunia U-20 2023 bersama Timnas U-20," ujar Jacksen.

Kini, prediksi Jacksen itu jadi nyata. Althaf memang tak ada di Timnas, tetapi Zanadin, dengan kemampuan yang dimiliki, perlahan mulai jadi andalan pelatih Timnas U-20, Shin Tae Yong, di beberapa ajang.

1. Zanadin adalah pemain jebolan Persis

Ramalan Jacksen Tiago yang Jadi Kenyataan di Timnas U-20Twitter PSSi

Kenapa Jacksen mengetahui betul kualitas dari Zanadin? Sebab, pemuda kelahiran Bekasi 31 Mei 2004 ini memang jebolan Akademi Persis. Sebelum masuk akademi, dia sempat mengenyam pendidikan sepak bola di SSB Kalpataru.

Zanadin juga sempat menimba ilmu di Ragunan Soccer School, dan sering mengikuti kejuaraan level junior. Dia juga sempat mengikuti seleksi Timnas U-16, dan tampil di berbagai liga usia muda. Namun, pada akhirnya, takdir membawanya ke Persis.

Di sinilah, Zanadin dapat kesempatan tampil bersama tim senior. Ajang Piala Presiden 2022 jadi momen baginya untuk unjuk gigi. Dari sini juga, bakatnya tercium oleh Shin, dan dia dipanggil untuk masuk skuad Timnas U-19 di ajang Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga: 3 Fakta Unik Lolosnya Timnas U-20 ke Piala Asia U-20 2023

2. Sempat kalah saing, sampai jadi pemain inti

Ramalan Jacksen Tiago yang Jadi Kenyataan di Timnas U-20Zanadin Fariz, pemain Timnas U-20 Indonesia. (instagram.com/zanadinfariz07)

Sepanjang Piala AFF U-19 2022, Zanadin sempat kalah saing. Dia sempat menjadi penghangat bangku cadangan, karena tempatnya di lini tengah sudah diisi pemain-pemain macam Arkhan Fikri dan Marselino Ferdinan.

Namun, laga lawan Filipina jadi titik awal terujinya kemampuan Zanadin. Dimainkan sejak menit awal, dia menunjukkan kemampuannya sebagai pemain tengah yang cerdas. Umpan-umpan dan kemampuan dribelnya memberi warna bagi lini tengah Timnas U-19.

Performa impreif Zanadin berlanjut di laga lawan Myanmar. Kembali dipercaya tampil sejak awal, dia bahkan memberi tiga assist di laga tersebut. Alhasil, namanya jadi buah bibir, dan kembali jadi andalan di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Sebagai pemain tengah, Zanadin memiliki kemampuan umpan dan dribel yang prima. Tidak cuma itu, daya jelajahnya juga terhitung tinggi. Bisa dibilang, Zanadin adalah gelandang bertipe box-to-box. Dia senang menjelajah setiap jengkal lini tengah.

Berkat kemampuannya, aliran bola Timnas U-19 terjaga dengan baik. Sebab, Zanadin selalu jadi opsi umpan, baik bagi pemain belakang dan tengah yang lain. Tak jarang, Zanadin juga muncul dari lini kedua untuk menyelesaikan peluang.

Tak pelak, Zanadin pun mulai jadi andalan Shin. Etos kerjanya yang apik di lini tengah membuat permainan skuad Garuda Nusantara jadi lebih maksimal.

3. Potensi Zanadin masuk skuad Timnas U-20 di Piala Dunia U-20

Ramalan Jacksen Tiago yang Jadi Kenyataan di Timnas U-20Zanadin Fariz, pemain Timnas U-20 Indonesia. (instagram.com/zanadinfariz07)

Jacksen pernah berujar, Zanadin punya peluang untuk masuk skuad Timnas U-20 Piala Dunia U-20 2023. Prediksinya ini rupanya terjadi lebih cepat. Zanadin bahkan sudah jadi andalan sejak ajang Piala AFF U-19 2022.

Zanadin bahkan kembali diandalkan Timnas U-20 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Dengan kemampuannya ini, Zanadin sukses membuka langkah bagi dirinya sendiri untuk merasakan level yang tinggi bersama Timnas.

Baca Juga: Ada PR Menanti Timnas U-20 di Piala Asia U-20 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya