Rekor-rekor Pele yang Belum Terpecahkan Messi dan Ronaldo

Pele adalah pesepak bola terbaik abad 20

Jakarta, IDN Times - Dunia sepak bola berduka. Salah satu sosok ikonik asal Brasil, Pele, mengembuskan nafas terakhirnya pada Kamis (29/12/2022), di usia 82 tahun.

Pele wafat setelah cukup lama berkutat dengan tumor yang dia miliki. Beberapa waktu terakhir, dia juga sempat dilarikan ke rumah sakit lantaran terkena gangguan pernafasan, efek dari COVID-19.

Selama bermain, Pele menorehkan banyak rekor, yang mungkin akan sulit terkejar oleh pemain-pemain masa kini. Rekor-rekor yang dia miliki pun abadi dan urung dipecahkan, bahkan oleh seorang Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo.

Apa saja rekor-rekor tersebut?

1. Memenangi trofi Piala Dunia tiga kali

Rekor-rekor Pele yang Belum Terpecahkan Messi dan RonaldoPele (si.com)

Hingga gelaran Piala Dunia 2022, Pele jadi pemain dengan torehan trofi Piala Dunia terbanyak. Tercatat, dia sukses meraih trofi Piala Dunia sebanyak tiga kali, tepatnya pada 1958, 1962, dan 1970.

Sejauh ini, tak ada pemain yang mampu memenangi tiga trofi Piala Dunia, bahkan untuk ukuran Messi dan Ronaldo sekalipun. Messi baru sekali meraih trofi Piala Dunia 2022. Sementara Ronaldo, dia sama sekali tak mendapatkannya.

Baca Juga: Profil Pele, Legenda Brasil Meninggal Karena Kanker

2. Rekor gol terbanyak dan hat-trick terbanyak

Rekor-rekor Pele yang Belum Terpecahkan Messi dan Ronaldogoal.com

Bukan cuma soal trofi, Pele juga jadi pemain dengan rekor gol terbanyak dan catatan hat-trick terbanyak sejauh ini. Total, Pele sukses menorehkan 1.283 gol sepanjang kariernya. Gol-gol ini dia torehkan di level klub dan Timnas.

Pele juga jadi pemain dengan catatan hat-trick terbanyak sejauh ini, yakni 92 kali. Pele juga pernah membuat 127 gol selama satu tahun kalender 1959, dan ini jadi rekor gol terbanyak selama setahun yang hingga kini masih diakui FIFA.

Torehan gol dan hat-trick Pele ini masih gagal dilewati Messi dan Ronaldo. Pada 2012, Messi hanya mampu mencetak 91 gol dalam satu tahun. Torehan ini masih jauh dari torehan Pele.

3. Pencetak gol termuda di Piala Dunia

Rekor-rekor Pele yang Belum Terpecahkan Messi dan RonaldoPele, legenda sepak bola yang telah meraih 3 trofi Piala Dunia. (twitter.com/Pele)

Hingga kini, Pele jadi pencetak gol termuda di Piala Dunia, dengan usia 17 tahun 239 hari. Catatannya urung dilewati Kylian Mbappe di Piala Dunia 2018 silam.

Tidak cuma itu, Pele juga jadi pemain termuda yang sukses mengangkat trofi Piala Dunia. Catatan ini tertoreh pada 1958 silam di Swedia. Dengan deretan rekornya ini, eks penggawa Santos itu pun dinobatkan sebagai pemain terbaik abad 20.

Baca Juga: Pele dan Kekuatan yang Lebih Besar dari Sepak Bola

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya