Renovasi JIS Ditunggangi Isu Politik, Ketum PSSI Buka Suara

Niat baik pemerintah untuk JIS dihantam isu politik

Jakarta, IDN Times - Renovasi Jakarta International Stadium (JIS) bikin gaduh. Ada yang setuju, tetapi tidak sedikit juga yang kontra dan mengaitkan renovasi stadion ini dengan isu politik.

Menanggapi itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir angkat bicara. Pria yang menjabat sebagai Menteri BUMN itu berujar, jauh panggang dari api soal renovasi JIS dengan isu politik.

Dia malah menegaskan, pemerintah justru ingin mempromosikan JIS ke mata dunia.

"Kalau JIS ini diakitkan dengan isu politik terbalik dong. Ingat, ada enam atau delapan yang mau kami ajukan untuk jadi venue (Piala Dunia U-17 2023), termasuk JIS," ujar Erick di Jakarta, Kamis (6/7/2023).

1. JIS memang harus diperbaiki

Renovasi JIS Ditunggangi Isu Politik, Ketum PSSI Buka SuaraSuasana lapangan latih usai diresmikan di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Senin (28/12/2020). JIS direncanakan mempunyai lapangan utama yang dapat menampung penonton hingga 82 ribu dengan fasilitas berstandar internasional. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Nah, dalam upaya mengenalkan JIS ke mata dunia itu, renovasi tetap harus dilakukan di stadion yang berlokasi di Jakarta Utara itu. Dengan begitu, JIS yang sudah megah ini akan semakin megah lagi karena sesuai standar internasional dan FIFA.

"Tapi ya, sebelum JIS ini diajukan, tetap harus kita perbaiki kualitasnya. GBK saja waktu diajukan sebagai lokasi Asian Games 2018 diperbaiki dulu rumputnya. Ada perbaikan akses. Nah, JIS juga sama," kata Erick.

Baca Juga: Renovasi JIS Jadi Sorotan, Menpora Dito: Isunya Seksi!

2. Jangan campurkan isu politik dengan sepak bola

Renovasi JIS Ditunggangi Isu Politik, Ketum PSSI Buka SuaraKetua Umum PSSI, Erick Thohir di Garuda Store, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (17/6/2023) (IDN Times/Lia Hutasoit)

Erick pun menegaskan, jangan campurkan niat baik pemerintah dengan isu politik. Dia tidak ingin apa yang diinginkan para pecinta sepak bola Indonesia jadi runyam hanya karena kepentingan politik.

"Jangan niat baik semua. Apalagi niat baik pecinta sepakbola ini dirunyami karena isu politik gitu. Jadi saya berharap, jangan ini (JIS) jadi polemik seakan-akan politik. Kita justru mendorong banyak stadion di Indonesia berstandar FIFA," kata Erick.

3. Jubir Anies sempat singgung JIS

Renovasi JIS Ditunggangi Isu Politik, Ketum PSSI Buka SuaraSudirman Said (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said, sempat buka suara soal JIS. Dia menyinggung seolah pemerintah sulit mengakui soal stadion JIS yang dibangun semasa Anies menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Kok pemerintah pusat seperti terus mencari-cari kekurangan (JIS)? Masyarakat pasti memiliki pertanyaan yang sama, apa salahnya mengakui ada karya anak bangsa yang bermutu tinggi?” kata dia dalam keterangannya, Kamis (6/7/2023).

Baca Juga: Polemik Rumput JIS yang Tak Sesuai Standar FIFA

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya