Rian D'Masiv Mau Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17!

Rian nilai Indonesia sudah punya infrastruktur yang layak

Jakarta, IDN Times - Vokalis band D'Masiv, Rian Ekky Pradipta, berharap Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, Baginya, itu akan jadi pengobat kekecewaan masyarakat Indonesia.

"Mungkin gelaran Piala Dunia U-20 yang batal, bisa diganti dengan Piala Dunia U-17 kali ya. Intinya kita berharap ada solusi lah (setelah Piala Dunia U-20 2023 batal)," ujar Rian di Kantor Kemenpora, Rabu (5/4/2023).

1. Infrastruktur sudah siap

Rian D'Masiv Mau Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17!Stadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Herka Yanis)

Rian menyayangkan gelaran Piala Dunia U-20 2023 yang batal terlaksana di Indonesia. Dia melihat, Indonesia sejatinya sudah siap secara infrastruktur. Apalagi, FIFA juga sudah bolak-balik mengecek kesiapan stadion di Indonesia.

"Karena kan stadion sebenernya sudah dibangun dan FIFA bolak-balik melihat apakah sudah aman atau belum, maksudnya stadion sudah mencapai standar atau belum, itu kan bolak-balik, kan biaya besar juga," ujar Rian D'Masiv.

Baca Juga: Piala Dunia U-20 Batal, RI Sudah Habis Rp418 M untuk Renovasi Stadion

2. Batalnya Piala Dunia U-20 beri dampak besar

Rian D'Masiv Mau Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17!Vokalis D'Masiv, Rian Ekky Pradipta, di Kemenpora. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Rian D'Masiv juga berkata, batalnya gelaran Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia memberi dampak besar. Selain kerugian dari para pihak yang sudah memproduksi merchandise, biaya persiapan stadion pun seakan jadi sesuatu yang mubazir.

"Dampaknya terlalu banyak lah ketika acara besar terus tidak jadi. Kan pasti merchandise, persiapan kayak stadion dan sebagainya, itu kan menelan banyak biaya. Pengennya ada solusi ya, jadi tidak mubazir," ujar Rian.

3. Ada potensi Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-17

Rian D'Masiv Mau Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17!Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Saat ini, terbuka potensi bagi Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Sebab, Peru yang sebelumnya didapuk sebagai tuan rumah, resmi dicoret FIFA lantaran dianggap gagal memenuhi komitmen soal infrastruktur.

Namun, tentu Indonesia harus melakoni proses bidding dengan negara-negara lain, yang juga berminat jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Baru setelah lewat proses itu, Indonesia bisa bersiap.

Baca Juga: FIFA Coret Peru Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya