Comscore Tracker

Rudy Eka Minta Timnas Wanita Indonesia Waspada di Piala Asia

"Ada 12 tim top dunia yang akan main."

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Wanita Indonesia, Rudy Eka Priyambada, meminta anak-anak asuhnya bersiap menghadapi gelaran Piala Asia Wanita 2022. Menurutnya, di ajang tersebut, sudah banyak negara-negara kuat yang menunggu Indonesia.

"Perjalanan kita masih panjang karena di India, ada 12 tim top dunia yang akan main. Jadi ada Korea Selatan, ada Iran, ada Australia, mungkin seperti itu ya. Jadi kita harus belajar di situ karena di Piala Asia nanti kita harus kerja keras," ujar Rudy Eka selepas laga lawan Singapura, Senin (27/9/2021) malam.

1. Rudy Eka salut Indonesia kembali ke Piala Asia

Rudy Eka Minta Timnas Wanita Indonesia Waspada di Piala AsiaTimnas Wanita Indonesia. (pssi.org)

Rudy Eka mengatakan dirinya senang sekali Indonesia kembali ke Piala Asia Wanita. Terakhir kali, Timnas Wanita Indonesia main di Piala Asia terjadi 30 tahun lalu, tepatnya pada 1989 silam. Dia pun berterima kasih atas perjuangan dari anak asuhnya.

"Sangat senang sekali ya, Alhamdulillah kita berhasil setelah 30 tahun absen di Piala Asia Wanita, akhirnya bisa masuk lagi. Semua berkat kerja keras anak-anak, coaching staff semua kerja keras, dan juga instruksi-instruksi di latihan mereka lakukan dengan baik," ujar Rudy Eka.

Baca Juga: [BREAKING] Timnas Wanita Indonesia Lolos ke Piala Asia 2022

2. Rudy Eka ingin Timnas Wanita jalani TC jangka panjang

Rudy Eka Minta Timnas Wanita Indonesia Waspada di Piala AsiaTimnas Wanita Indonesia. (pssi.org)

Dalam waktu dekat, Rudy Eka akan mengistirahatkan anak-anak asuhnya, karena beberapa di antara mereka juga ada yang main di gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua. Namun, ke depannya, dia ingin para pemain Timnas Wanita ini menjalani pemusatan latihan (TC) jangka panjang.

"Rencananya anak-anak kan ada yang main di PON, kita off sebentar, lalu kita fokus buat Januari. Karena di India kan (Piala Asia Wanita) mulai main di Januari, saya pikir kita mesti ada TC yang perlu sedikit panjang. Nanti kita lihat, kebijakan dengan federasi seperti apa," ujar Rudy Eka.

3. Timnas Wanita Indonesia bekuk Singapura

Rudy Eka Minta Timnas Wanita Indonesia Waspada di Piala AsiaPesepak bola timnas putri Indonesia Zahra Muzdalifah (kiri) menggiring bola saat pertandingan internal pada pengenalan dan pembukaan pemusatan latihan timnas putri Indonesia di Lapangan D, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (8/3/2021). Pembukaan pemusatan latihan yang dimulai tepat bersamaan dengan peringatan Hari Wanita Internasional hingga 31 Maret itu untuk menpersiapkan timnas putri Indonesia berlaga di SEA Games 2021 di Vietnam dan turnamen-turnamen internasional lainnya. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Timnas Wanita Indonesia berhasil mengunci tiket ke Piala Asia 2022 di India. Mereka berhasil menang atas Singapura dengan skor 1-0 dalam laga kedua Kualifikasi Grup C, Senin (27/9/2021). Kemenangan itu membuat Indonesia memuncaki Grup C, dengan koleksi enam poin dari dua laga.

Satu laga lainnya menghadapi Singapura pula dan berakhir dengan kemenangan Indonesia lewat skor 1-0 pula. Sebenarnya Indonesia juga harus berhadapan dengan Korea Utara dan Irak di babak kualifikasi Piala Asia 2022 Wanita ini. Tapi, kedua negara itu memutuskan mundur.

Baca Juga: Taliban Berkuasa, Timnas Wanita Afghanistan Eksodus Massal

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya