Saddil dan Elkan Terancam Tak Gabung Timnas U-23, PSSI Turun Tangan

Saddil dan Elkan tidak dilepas klub

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyatakan pihaknya akan turun tangan dalam kondisi yang menimpa Saddil Ramdani dan Elkan Baggott. Iwan Bule (sapaannya) berjanji akan bicara dengan klub kedua pemain itu agar bisa dilepas ke SEA Games 2021.

Ya, Saddil dan Elkan memang tak bisa gabung ke pemusatan latihan Timnas U-23 lantaran tak dilepas Sabah FA dan Ipswich Town. Bahkan, pelatih Ipswich, Kierran McKenna, menyatakan Elkan tak bisa dilepas karena tenaganya sangat dibutuhkan klub.

Memang, SEA Games tak masuk dalam kalender FIFA. Makanya, cukup masuk akal jika kedua klub tersebut menahan Saddil dan Elkan.

1. PSSI akan bicara dengan FAM soal Saddil

Saddil dan Elkan Terancam Tak Gabung Timnas U-23, PSSI Turun Tanganpotret Saddil Ramdani saat membela Sabah FC (instagram.com/saddilramdanii)

Iwan Bule menyatakan PSSI akan segera bicara dengan FAM soal Saddil. Apalagi, dia juga mendengar kabar kalau Sabah pilih kasih. Mereka melepas pemain untuk ke Timnas Malaysia, tetapi tidak melepas Saddil ke skuad Garuda Muda.

Tercatat, Sabah melepas empat pemain ke Timnas Malaysia untuk SEA Games 2021. Mereka adalah Hanafie Tokyo, Nureizkhan Isa, Gerald Gadit, dan Azhad Harraz. Di sisi lain, Saddil justru tidak boleh membela Timnas Indonesia U-23.

"Saya akan segera berkomunikasi dengan FAM. Saya akan lakukan itu untuk bisa membantu Saddil karena ada kabar Timnas Malaysia diizinkan, artinya kan saya harus bicara pada FAM. Izinkan Saddil, karena yang lain juga diperbolehkan untuk bermain di luar," ujar Iriawan di Stadion Madya, Selasa (12/4/2022).

Baca Juga: Sempat Tertahan, Saddil Ramdani Bisa Pulang ke Indonesia

2. Situasi yang sama juga dialami Elkan Baggott

Saddil dan Elkan Terancam Tak Gabung Timnas U-23, PSSI Turun TanganPemain keturunan Elkan Baggott saat mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di Stadion Madya pada 8 Agustus 2020. (IDN Times/Herka Yanis).

Situasi serupa juga terjadi pada Elkan. Dia terancam tidak bisa main di Timnas U-23, lantaran tidak dilepas oleh Ipswich Town. Iwan Bule juga ingin berbicara dengan manajemen Ipswich agar Elkan bisa main bersama skuad Garuda Muda.

"Kami berjuang, kesekjenan dan saya untuk bisa panggil Elkan, karena anak-anak yang main di luar itu penyokong luar biasa. Termasuk, yang main di sini juga luar biasa," ujar Iwan Bule.

3. PSSI mengusahakan pemain yang main di luar negeri merapat

Saddil dan Elkan Terancam Tak Gabung Timnas U-23, PSSI Turun TanganKetua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di gedung Kemenpora (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Iwan Bule menyatakan PSSI tengah berkomunikasi dengan klub-klub luar negeri, menyoal pemanggilan tujuh pemain Indonesia. Jika mereka tidak pulang, bisa langsung merapat ke Korea Selatan.

"Iya, ini masih proses komunikasi, surat menyurat. Kalau bisa, mereka tidak ke sini tapi langsung ke Korea Selatan. Mudah-mudahan dengan komunikasi yang baik, tujuh pemain itu (termasuk Elkan Baggott dan Saddil Ramdani) bisa perkuat Timnas U-23 di SEA Games 2021," ujar Iriawan.

Baca Juga: Sinyal Elkan Baggott Tak Bisa Bela Timnas U-23 di SEA Games 2021

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya