Selain Barcelona, Timnas U-17 Bakal Lawan Korea Selatan

Laga ini rencananya dihelat akhir Agustus

Jakarta, IDN Times - Timnas U-17 Indonesia sudah melakukan serangkaian persiapan jelang gelaran Piala Dunia U-17 2023. Mereka bakal beruji coba dengan beberapa tim besar. Selain Barcelona, mereka dijadwalkan bertemu Korea Selatan.

Kabar uji coba ini dikonfirmasi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Menurutnya, Timnas U-17 akan melawan Korea Selatan kisaran 20 hingga 30 Agustus 2023. Komunikasi pun akan segera dilakukan dengan pihak Korea Selatan.

"InsyaAllah, kita akan ada uji coba lawan Timnas U-17 Korea Selatan di bulan Agustus ini. Tes nyali juga buat kita, ini masih antara 20 sampai 30 Agustus," ujar Erick di Menara Danareksa, Kamis (20/7/2023).

1. PSSI akan mengatur laga sedemikian rupa

Selain Barcelona, Timnas U-17 Bakal Lawan Korea SelatanKetum PSSI, Erick Thohir bersama Waketum PSSI, Zainudin Amali. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Erick berujar, ke depannya PSSI akan segera melakukan konsolidasi terkait laga ini dengan pihak liga. Sebab, jadwal uji coba ini bersamaan dengan perhelatan Liga 1 2023/24. Ada kekhawatiran laga tak akan dapat venue.

"Jika dari pihak Korea sudah oke, tinggal tanggal pastinya, karena kembali kita ada pertandingan liga di dalam negeri. Kalau tabrakan dengan liga, tentu lapangan juga terbatas. Ini yang kami sedang coba atur," kata Erick.

Baca Juga: Timnas U-17 Dijadwalkan Bersua Barcelona U-18 di Bali, Kapan?

2. Lalu bagaimana laga lawan Barcelona?

Selain Barcelona, Timnas U-17 Bakal Lawan Korea SelatanBarcelona vs Bali United di JIS. (Dok. Istimewa)

Sebelumnya, pelatih Timnas U-17, Bima Sakti sempat berujar bahwa skuadnya akan bersua Barcelona U-18 di Bali. Ternyata, PSSI tidak memasukkan Barcelona dalam masa persiapan menuju Piala Dunia U-17 2023.

Namun, laga itu dipastikan tetap digelar. Tetapi, Timnas U-17 menggunakan nama Garuda United. Mereka pun dijadwalkan bersua Barcelona jelang perhelatan International Youth Championship (IYC) 2023.

"Jadi Timnas U-17 ini kita menyiasati membentuk yang namanya Garuda United, tapi timnya kebanyakan pemain U-17. Jadi Garuda United berbasis tim U-17 untuk melawan Barcelona," ujar Erick.

3. Langsung ke Jerman setelah beruji coba

Selain Barcelona, Timnas U-17 Bakal Lawan Korea SelatanTC Timnas U-17 di Jakarta. (pssi.org)

Merunut jadwal, laga uji coba melawan Barcelona dan Korea Selatan ini akan digelar pada Agustus 2023. Berarti, selepas uji coba, para penggawa Timnas U-17 akan langsung terbang ke Jerman untuk melakoni pemusatan latihan (TC) lanjutan.

TC Timnas U-17 di Jerman ini rencananya akan digelar selama dua bulan, yaitu pada September 2023 hingga Oktober 2023. Selama di sana, mereka akan melakoni mini turnamen, dibantu oleh Borussia Dortmund sebagai penyelenggara acara.

Baca Juga: Timnas U-17 Ikut Mini Turnamen di Jerman, Dibantu Dortmund!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya