[BREAKING] Semifinal Piala AFF, Singapura Tahan Imbang Indonesia

Skuad Garuda bermain imbang 1-1 melawan Singapura

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia gagal meraih kemenangan dalam laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020. Bersua Singapura di National Stadium, Rabu (22/12/2021), skuad Garuda bermain imbang 1-1. Sempat unggul lewat gol Witan Sulaeman, Indonesia kebobolan lewat gol Ikhsan Fandi.

Tampil dengan para pemain terbaiknya, seperti Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Irfan Jaya, Witan Sulaeman, dan Ricky Kambuaya, Indonesia langsung tampil menekan sejak babak pertama dimulai. Mereka menekan Singapura sejak dari lini depan.

Hal tersebut membuat Singapura kesulitan mengembangkan permainan. Namun, Singapura tidak kehabisan akal. Mereka menghadapi tekanan Indonesia ini dengan merapatkan lini pertahanan. Alhasil, Indonesia juga sempat kesulitan mencetak gol.

Tidak cuma itu, Indonesia juga beberapa kali terancam oleh situasi set piece Singapura. Tim 'Singa' memanfaatkan betul ketiadaan Elkan yang dicadangkan. Akan tetapi, duet Rizky Ridho dan Fachruddin Aryanto mampu mengantisipasi set piece Singapura ini.

Terus menekan, Indonesia membuka keunggulan pada menit 29. Manuver Asnawi di sisi kiri pertahanan Singapura berujung asis manis yang mampu dikonversi Witan menjadi gol. Skor berubah 1-0, unggul satu angka, Indonesia mulai nyaman dalam bermain.

Di sisa waktu babak pertama, Indonesia tetap berupaya mencari gol kedua. Di sisi lain, Singapura masih kesulitan menembus lini pertahanan Indonesia. Meski begitu, kebuntuan yang dialami oleh kedua tim membuat babak pertama berakhir dengan skor 1-0.

Memasuki babak kedua, beberapa perubahan dilakukan oleh Timnas Indonesia. Mereka memasukkan Ezra Walian dan Elkan Baggott untuk menyeimbangkan permainan. Sampai sekira menit 69, Indonesia mampu menahan serangan Singapura, bahkan sejak dari lini tengah.

Intersep-intersep yang dilakukan oleh Elkan, Alfeandra Dewangga, serta Ricky membuat Singapura kesulitan mengembangkan permainan. Akan tetapi, satu kesalahan pada menit 70 berbuah fatal bagi Indonesia. Ikhsan Fandi sukses membobol gawang Indonesia dan menyamakan angka jadi 1-1.

Selepas Singapura mencetak gol, Indonesia jadi kehilangan fokus. Beberapa kali, mereka membuat kesalahan di lini pertahanan yang berbuah peluang bagi Singapura. Elkan juga sempat melakukan kesalahan yang memberikan Singapura kesempatan untuk mengancam gawang Indonesia.

Di sisa 10 menit terakhir babak kedua, Singapura dan Indonesia saling melepaskan serangan. Singapura dimotori Faris Ramli, sedangkan Indonesia mengandalkan serangan balik via kecepatan dari Asnawi, Witan, dan Irfan. Namun, skor 1-1 tidak berubah sampai laga tuntas.

Baca Juga: Wahai Timnas Indonesia, Waspada Bola Mati Singapura!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya