Senegal Juara Piala Afrika 2021, Ini 3 Fakta Menariknya

Senegal akhirnya juara Piala Afrika

Jakarta, IDN Times - Senegal mengakhiri perjalanan mereka di Piala Afrika 2021 dengan ciamik. Mereka sukses menjadi juara usai mengalahkan Mesir di babak final, Senin (7/2/2022) dini hari.

Setelah bermain ketat 0-0 selama waktu normal dan babak perpanjangan waktu, Senegal berhasil menundukkan Mesir di babak adu penalti dengan skor 4-2. Senegal berhasil merengkuh trofi.

Seiring dengan trofi yang didapat, ada beberapa fakta menarik yang dicatatkan Senegal, Apa saja itu?

1. Senegal raih trofi pertama Piala Afrika 2021

Senegal Juara Piala Afrika 2021, Ini 3 Fakta MenariknyaFinal Piala Afrika 2020, Mesir vs Senegal (ANTARA/REUTERS/MOHAMED ABD EL GHANY)

Trofi Piala Afrika 2021 yang didapat Senegal ini jadi trofi yang spesial. Untuk kali pertama, Senegal meraih gelar Piala Afrika, setelah 16 kali ikut turnamen antar negara Afrika ini.

Senegal pun jadi negara ke-15 yang sukses merengkuh trofi Piala Afrika. Mereka resmi menahbiskan diri masuk deretan negara-negara terbaik di Afrika.

Baca Juga: Comeback Dramatis, Kamerun Rebut Posisi Ketiga Piala Afrika 2021  

2. Pencapaian sempurna Aliou Cisse

Senegal Juara Piala Afrika 2021, Ini 3 Fakta Menariknyatime.com

Kesuksesan Senegal meraih trofi Piala Afrika 2021 jadi capaian spesial bagi Aliou Cisse. Ketika menjadi pemain, dia sukses membawa Senegal ke final Piala Afrika dan juga babak perempat final Piala Dunia pada 2002.

Sekarang, sebagai pelatih, Cisse juga membawa Senegal berjaya. Pada 2019, dia membawa Senegal melaju ke final Piala Afrika. Sayang, mereka tumbang dari Aljazair. Sekarang, pada 2021, Cisse membawa Senegal juara. Cisse pun jadi ikon sepak bola Senegal.

3. Gemilangnya Sadio Mane dan Edouard Mendy

Senegal Juara Piala Afrika 2021, Ini 3 Fakta MenariknyaSadio Mane bersama Senegal (liverpoolfc.com)

Sadio Mane dan Edouard Mendy menunjukkan kegemilangannya di Piala Afrika 2021. Mane menjadi penentu kemenangan Senegal di Piala Afrika 2021 usai sukses jadi eksekutor di babak adu penalti.

Tidak cuma itu, Mane juga jadi pemain Senegal pertama yang berhasil meraih trofi Premier League dan Liga Champions. Mane pun ditahbiskan sebagai pemain terbaik di Piala Afrika 2021.

Selain Mane, Mendy juga jadi pemain yang tampil apik di Piala Afrika 2021. Dia menjadi kiper terbaik di Piala Afrika 2021. Raihan ini menggenapi catatan apiknya sejak musim 2020/21. Dia meraih trofi Liga Champions dan juga Best Men FIFA Goalkeeper.

Senegal kali ini memang bertabur talenta-talenta apik. Tak heran, mereka sukses tampil ciamik di gelaran Piala Afrika 2021.

Baca Juga: Nasib Tuan Rumah 5 Edisi Terakhir Piala Afrika, Selalu Gagal Juara

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya