Setelah SEA Games, Indra Sjafri Tertipu Lagi di Asian Games

Tipuan sujud syukur yang kedua kalinya

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-24 memang menorehkan kekalahan di babak 16 besar Asian Games 2022. Namun, ada tingkah kocak dari sang pelatih, Indra Sjafri, yang terulang lagi sama seperti di SEA Games 2023 lalu.

Bersua Uzbekistan di Shangcheng Sports Centre Stadium, Kamis (28/9/2023) sore WIB, skuad Garuda Muda kalah dengan skor 0-2. Kekalahan ini membuat langkah Indonesia ke perempat final Asian Games 2022 pun terhenti.

Namun, dari kekalahan ini, tetap ada hiburan yang bisa didapat. Itu terjadi saat Indra Sjafri, melakukan hal yang sama seperti SEA Games 2023 lalu. Dia terkena tipuan, padahal sudah sujud syukur.

Baca Juga: Babak 16 Besar, Neraka Timnas Indonesia di Asian Games

1. Sudah sujud syukur, gol Sananta dianulir

Setelah SEA Games, Indra Sjafri Tertipu Lagi di Asian GamesTimnas Indonesia U-24 tumbang dalam laga 16 besar Asian Games 2022 melawan Uzbekistan (dok.NOC Indonesia/Naif Al'as)

Pada menit 110, saat laga memasuki babak kedua perpanjangan waktu, skuad Garuda Muda sebenarnya sukses mencetak gol. Ramadhan Sananta berhasil membobol gawang lewat sundulannya, memanfaatkan umpan Rizky Ridho.

Sontak, skuad Indonesia U-24 sempat dihiasi kebahagiaan. Indra bahkan sudah melakukan sujud syukur. Akan tetapi, ternyata gol itu dianulir lantaran wasit menilai Sananta sudah berada dalam posisi offside. Indra kena tipu.

2. Sama seperti SEA Games 2023

Setelah SEA Games, Indra Sjafri Tertipu Lagi di Asian GamesPelatih Timnas U-22, Indra Sjafri saat merayakan medali emas SEA Games 2023. (Twitter/@PSSI).

Ini adalah kali kedua Indra kena tipu padahal sudah sujud syukur. Hal serupa pernah terjadi baru-baru ini, tepatnya pada SEA Games 2023. Di laga final lawan Thailand, Indra sempat melakukan sujud syukur karena mengira laga sudah selesai.

Ternyata, laga belum tuntas dan Thailand malah mencetak gol penyama kedudukan dan laga berlanjut ke babak perpanjangan waktu. Saat itu situasi berakhir manis bagi Indonesia karena di akhir laga mereka sukses mengalahkan Thailand.

3. Indra Sjafri heran gol Sananta dianulir

Setelah SEA Games, Indra Sjafri Tertipu Lagi di Asian GamesTimnas Indonesia U-24 tumbang dalam laga 16 besar Asian Games 2022 melawan Uzbekistan (dok.NOC Indonesia/Naif Al'as)

Selepas laga, Indra mengaku heran kenapa gol Sananta dianulir. Sampai laga tuntas, dia mengaku belum mendapatkan kejelasan soal go Sananta. Dia menyayangkan ketiadaan video assistant referee (VAR) di Asian Games ini.

"Dan juga sebenarnya tadi sampai sekarang kami tidak tahu kenapa gol (Sananta) dianulir oleh wasit. Apakah memang offside? Tentu event sebesar ini seharusnya ada VAR yang bisa menentukan," ucap Indra.

Terlepas dari sah atau tidaknya gol Sananta, pada akhirnya Indra Sjafri tetap kena tipu. Usai SEA Games 2023, kini hal yang sama terulang lagi di Asian Games 2022.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya