Shin Tae Yong Benarkan Ingin Naturalisasi Emil Audero

Peluang Emil untuk bisa membela Timnas Italia semakin tipis

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, tidak menampik kabar bahwa dirinya ingin menaturalisasi kiper keturunan yang kini main di Italia, Emil Audero Mulyadi. Ada tujuan tersendiri kenapa dia tertarik pada Emil.

Kabar akan dinaturalisasinya Emil ini datang dari anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani. Emil, plus Jordy Wehrmann, rencananya akan segera bertemu agen yang sudah diutus oleh Hasani.

"Benar bahwa saya ingin menaturalisasi kiper. Dia memang beda posisinya dengan yang lain, tetapi saya memang ingin menginginkan pemain seperti itu," ujar Shin di GBK, Rabu (2/3/2022).

1. Shin sebut Emil Audero bisa beri pengaruh baik

Shin Tae Yong Benarkan Ingin Naturalisasi Emil AuderoEmil Audero. (sempreinter.com)

Lebih lanjut, Shin mengungkapkan bahwa Emil bisa memberi pengaruh baik bagi kiper di Indonesia. Apalagi, Emil juga berpengalaman main di Serie A. Namun, soal bisa atua tidaknya Emil dinaturalisasi, Shin tidak bisa memastikan.

"Dengan kemampuan baik seperti itu, ketika dia (Emil) datang ke Indonesia, dia mungkin bisa menyampaikan budaya-budaya baik pada kiper indonesia. Tapi saya tak bisa dipastikan dia bisa dinaturalisasi atau tidak," ujar Shin.

Baca Juga: [WANSUS] Naturalisasi, Antara Kepentingan dan Solusi Instan

2. Proses naturalisasi dipercayakan pada PSSI

Shin Tae Yong Benarkan Ingin Naturalisasi Emil AuderoMenpora Zainudin Amali bersama dengan Ketua PSSI Mochamad Iriawan (Dok. IDN Times/Istimewa)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkapkan, Kemenpora siap membantu PSSI untuk mempercepat proses naturalisasi pemain. Namun, dia mengingatkan bahwa pembinaan juga tetap harus digenjot.

"Terkait naturalisasi, Presiden percaya pada PSSI. Kami akan membantu PSSI untuk mempercepat semua proses naturalisasi. Terkait para pemain main di turnamen mana, itu urusan PSSI. Namun, untuk jangka panjang, pembinaan tetap penting," tutur Zainudin.

3. Emil Audero sudah lama dikaitkan dengan Indonesia

Shin Tae Yong Benarkan Ingin Naturalisasi Emil Auderogoal.com

Emil Audero memang sudah lama dikaitkan dengan Timnas Indonesia. Kiper Sampdoria yang merupakan jebolan akademi Juventus itu memang memiliki darah Indonesia dari sang ayah, yang berasal dari Nusa Tenggara Barat.

Namun, Emil Audero sempat tidak berminat membela Indonesia, karena dia masih menjaga asa membela Italia. Sekarang, dia diisukan mulai mempertimbangkan tawaran PSSI, seiring menipisnya peluang main untuk Timnas Italia.

Baca Juga: 5 Fakta Emil Audero, Kiper Sampdoria yang Diincar untuk Dinaturalisasi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya