Comscore Tracker

Shin Tae Yong: Jangan Bully Timnas U-19!

Timnas U-19 sedang menjalani proses

Jakarta, IDN Times - Atmosfer yang kurang enak menyelimuti Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF 2022. Mereka menjadi bahan rundungan fans di media sosial, saat tampil di kandang sendiri.

Fenomena ini sudah terjadi ketika Timnas U-19 diimbangi Vietnam pada partai pembuka, Sabtu (2/7/2022) lalu. Warganet kala itu ramai-ramai melayangkan kritik pedas dan merundung performa Timnas U-19 di media sosial.

Lantas, apa kata pelatih Timnas U-19, Shin Tae Yong, soal situasi ini?

1. STY minta masyarakat beri dukungan

Shin Tae Yong: Jangan Bully Timnas U-19!Shin Tae-yong. (Website/pssi/org)

Dalam sesi jumpa pers pasca laga lawan Brunei Darussalam, Senin malam (4/7/2022), Shin buka suara soal fenomena ini. Dia merasa wajar hal tersebut terjadi, karena masyarakat Indonesia sangat cinta akan Timnas.

Namun, Shin meminta masyarakat untuk bersikap lebih bijak. Dia ingin agar masyarakat Indonesia memberikan energi positif dengan melayangkan dukungan, ketimbang merundung para pemain Garuda Muda.

"Soal dirundung, itu normal karena memang masyarakat Indonesia cinta pada Timnas. Namun, alangkah baiknya masyarakat memberi dukungan penuh, ketimbang merundung mereka di media sosial," ujar STY.

Baca Juga: Shin Tae-yong: Kehadiran Penonton Bikin Performa Timnas U-19 Meningkat

2. STY sebut Timnas Indonesia tengah berproses

Shin Tae Yong: Jangan Bully Timnas U-19!Shin Tae-yong. (Website/pssi/org)

STY juga tidak menampik, selama masa kepemimpinnya di Timnas, belum ada hasil positif yang bisa dibanggakan. Namun, dia menyebut saat ini Timnas sedang berproses. Alhasil, dia meminta dukungan dari masyarakat agar proses ini bisa berjalan lancar dan berbuah manis.

"Saya sekarang ini tengah berproses, dan mulai ada perkembangannya. Memang, ketika pelatih kepala diganti, tim tidak akan langsung tangguh dan meraih hasil baik. Semua ada prosesnya. Saya cuma minta kami didukung oleh masyarakat," tutur STY.

3. Trofi Timnas U-19 bisa jadi pengobat dahaga

Shin Tae Yong: Jangan Bully Timnas U-19!Pemain Timnas U-19 Indonesia saat mentas di Piala AFF U-19 2022. (IDN Times/Tata Firza).

Memang, sejak ditangani STY, Timnas Indonesia di setiap kelompok umur belum menunjukkan hasil positif. Selain lolos ke putaran final Piala Asia 2023, belum ada trofi yang mampir di kabinet Timnas Indonesia.

Di Piala AFF 2020, Indonesia harus puas dengan status runner-up, usai dikalahkan Thailand pada partai puncak. Kemudian, dalam SEA Games 2021, Timnas U-23 harus puas dengan raihan perunggu, usai kalah juga dari Thailand di semifinal.

Kesempatan STY untuk membuktikan diri bersama Timnas U-19 hadir di Piala AFF. Jika membawa Marselino Ferdinan dan kolega meraih trofi, bukan tidak mungkin nama Shin akan makin harum.

Baca Juga: Klasemen Piala AFF U-19: Timnas U-19 Naik Jadi Runner-Up

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya