Shin Tae Yong Keok Lagi dari Vietnam, Catatan Buruk Berlanjut

Shin masih susah kalahkan Vietnam

Jakarta, IDN Times - Vietnam rupanya masih menjadi momok bagi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. Kekalahan di leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023) malam, menambah catatan buruk Shin saat bersua tim Bintang Emas.

Selain gagal membawa Indonesia ke babak final Piala AFF 2022, kekalahan ini membuat torehan Shin ketika bersua Vietnam tidak membaik. Tim Bintang Emas kembali jadi tembok besar yang gagal dilewati Shin.

1. Shin Tae Yong baru menang sekali lawan Vietnam

Shin Tae Yong Keok Lagi dari Vietnam, Catatan Buruk BerlanjutTimnas Indonesia melawan Vietnam di Piala AFF 2022. (dok. PSSI)

Ditambah laga pada Senin (9/1/2023) malam, sejak 2021, Shin tercatat sudah lima kali bersua Vietnam. Pertemuan perdana terjadi di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Ketika itu, Shin dan Timnas Indonesia kalah dari Vietnam dengan skor 0-4.

Setelah itu, Shin sempat bersua lagi dengan Vietnam di Piala AFF 2020, dengan hasil 0-0. Dalam pertemuan di ajang SEA Games 2021, Shin dan Indonesia kalah dari Vietnam dengan skor 0-3.

Berlanjut di ajang Piala AFF U-19 2022, Shin kembali gagal membawa Timnas Indonesia menang lawan Vietnam. Akhirnya, Shin membawa Indonesia menang lawan Vietnam dalam laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, dengan skor 3-2.

Total, Shin hanya menang sekali dalam lima pertemuan lawan Vietnam. Sisanya, dia kalah dua kali dan imbang dua kali.

Baca Juga: Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala AFF 2022 Usai Keok dari Vietnam

2. Timnas Indonesia memang kesulitan setiap bersua Vietnam

Shin Tae Yong Keok Lagi dari Vietnam, Catatan Buruk BerlanjutTimnas Indonesia melawan Vietnam di Piala AFF 2022. (dok. PSSI)

Sebelum pertemuan di semifinal Piala AFF 2022, Indonesia memang kesulitan setiap kali bersua Vietnam. Total sekarang, dari 27 pertemuan, Indonesia menang delapan kali. Sisanya, mereka imbang 11 kali dan kalah delapan kali.

Dua laga terakhir di semifinal Piala AFF 2022 berakhir buruk bagi Shin dan Indonesia. Usai ditahan imbang di Gelora Bung Karno (GBK), mereka kalah di My Dinh National Stadium dengan skor 0-2.

3. Skuad Garuda gagal ke final Piala AFF 2022

Shin Tae Yong Keok Lagi dari Vietnam, Catatan Buruk BerlanjutTimnas Indonesia melawan Vietnam di Piala AFF 2022. (dok. PSSI)

Timnas Indonesia dipastikan gagal melaju ke final Piala AFF 2022. Dalam laga leg kedua semifinal yang berlangsung di My Dinh National Stadium, Senin (9/1/2023) malam, skuad Garuda tumbang dengan skor 2-0.

Terhentinya skuad asuhsan Shin Tae Yong di semifinal ini mengulangi capaian pada Piala AFF 2008 silam, kala mereka kalah di babak semifinal. Adapun Vietnam, mereka kini tinggal menanti pemenang antara Thailand atau Malaysia.

Baca Juga: Tagar STYOut Menggema Usai Timnas Indonesia Keok dari Vietnam

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya