Shin Tae Yong Kesal Main di Filipina: Benahi Lapangan!

Kondisi lapangan sulitkan Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia kembali gagal meraih kemenangan dalam laga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Bersua Filipina di Rizal Memorial Stadium, Selasa (21/11/2023), Pasukan Garuda harus puas main imbang 1-1.

Hasil yang mengecewakan buat Indonesia, karena pada dasarnya di babak kedua sejumlah peluang emas sempat diciptakan. Tapi, pelatih Indonesia, Shin Tae Yong, merasa hasil ini muncul karena lapangan yang kurang bagus.

Shin tak ragu melayangkan kritik kepada rumput di Rizal Memorial Stadium. Dia bahkan meminta kepada Asosiasi Sepak Bola Filipina (PFA) untuk membenahi lapangan ini demi menghormati tim tamu.

"Saran saya untuk PFA, kalaupun ingin pakai rumput sintetis, pakailah yang sesuai dengan rekomendasi FIFA. Ini jadi cara kalian untuk menghormati tim tamu. Semoga saya ke sini lagi nanti, kondisi rumput sudah berubah," ujar Shin dalam sesi jumpa pers selepas laga.

1. Kondisi lapangan menyulitkan para pemain

Shin Tae Yong Kesal Main di Filipina: Benahi Lapangan!Timnas Indonesia lawan Filipina. (Dok. PSSI)

Shin mengakui kondisi lapangan Rizal Memorial Stadium yang berbasiskan rumput sintetis menyulitkan para pemainnya di laga ini. Alhasil, selama babak pertama, para pemain Indonesia tak bisa bermain maksimal.

"Di babak pertama, harus saya akui, kondisi lapangan yang berisikan rumput sintetis membuat pemain kami kesulitan, terutama di 20 menit awal. Kami benar-benar tidak main bagus karena itu," ujar Shin.

Baca Juga: Gol Saddil Ramdani Selamatkan Indonesia di Kandang Filipina

2. Adaptasi baru berjalan sukses di babak kedua

Shin Tae Yong Kesal Main di Filipina: Benahi Lapangan!Timnas Indonesia lawan Filipina. (Dok. PSSI)

Baru pada babak kedua permainan Indonesia jadi jauh lebih baik. Hal itu tak lepas dari keberhasilan para pemain Indonesia beradaptasi dengan situasi rumput di Rizal Memorial.

"Selama babak pertama, pemain kami beradaptasi baik dengan kondisi lapangan. Itulah kenapa, di babak kedua kami tampil lebih baik ketimbang babak pertama," kata Shin.

3. Optimisme masih diusung Indonesia

Shin Tae Yong Kesal Main di Filipina: Benahi Lapangan!Timnas Indonesia lawan Irak. (Dok. PSSI)

Hasil imbang lawan Filipina membuat Indonesia belum meraih kemenangan dalam babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Total, dari dua laga yang sudah dijalani, Indonesia hanya meraih satu poin. Namun, Shin optimistis Indonesia akan bangkit.

"Ya, Indonesia hanya dapat satu poin dari dua laga. Tapi, ke depan kami akan menjalani tiga laga kandang. Kami sangat kuat ketika main di kandang. Meski imbang lawan Filipina, saya masih percaya pada tim," kata Shin.

Baca Juga: Jordi Amat Blunder, Gawang Timnas Dijebol Filipina

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya