Jordi Amat Blunder, Gawang Timnas Dijebol Filipina

Timnas main buruk sejak awal laga

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia tertinggal dari Filipina di babak pertama dalam laga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 lawan Filipina. Bersua di Rizal Memorial Stadium, Selasa (21/11/2023) malam WIB, Pasukan Garuda tertinggal 0-1.

Filipina unggul atas Indonesia via gol Patrick Reichelt (23'). Permainan Timnas agak sedikit bermasalah di babak pertama.

Di awal babak pertama, intensitas laga masih tidak terlalu tinggi. Filipina sebagai tuan rumah tidak langsung menekan agresif. Sementara, Indonesia juga belum menemukan performa terbaiknya. Justru, penyakit lawan Irak masih terlihat.

Kesalahan demi kesalahan individu ternyata masih dilakukan Indonesia. Kesalahan tidak cuma dilakukan satu atau dua pemain. Kesalahan dilakukan secara sistematis. Jordi Amat, Shayne Pattynama, Rizky Ridho, hingga Elkan Baggott, sering blunder.

Performa Indonesia yang jauh di bawah harapan ini menjadikan Filipina mudah mengembangkan permainan. Manuel dan Mike Ott, Patrick Reichelt, Daisuke Sato, hingga Kevin Ingreso, dengan leluasa menekan lini pertahanan skuad Garuda.

Anehnya, para pemain Indonesia seperti ogah-ogahan menahan serangan Filipina. Tak ada tekanan agresif yang mereka berikan kepada Reichelt, Ott bersaudara, atau pemain Filipina lain saat menguasai bola. Build up mereka juga tidak kelewat bagus.

Alhasil, tak heran Filipina mampu mencetak keunggulan pada menit 23. Memanfaatkan blunder Jordi, Reichelt berhasil membobol gawang Indonesia lewat sepakan mendatarnya. Skor berubah 1-0 untuk Filipina.

Tertinggal satu gol, perubahan langsung dilakukan Indonesia dengan memasukkan Witan Sulaeman. Sempat ada peningkatan sedikit di lini serang, tetapi belum ada perubahan signifikan. Serangan-serangan Indonesia masih kurang tajam.

Di sisa waktu babak pertama, permainan Indonesia lebih kompak. Rafael Struick yang selalu bergerak, serta mulai aktifnya Asnawi Mangkualam di depan, membuat lini serang Indonesia lebih hidup. Mereka mulai bisa memasuki kotak penalti Filipina.

Akan tetapi, gol tak kunjung Timnas Indonesia dapat hingga babak pertama tuntas. Alhasil, skor 1-0 untuk keunggulan Filipina tetap bertahan.

Baca Juga: Kualitas Lapangan di Filipina Buruk, Timnas Indonesia Was-was

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya