Shin Tae Yong: Marselino dan Ronaldo Buat Rencana Saya Kacau

Shin kesal karena Ronaldo dan Marselino izin

Jakarta, IDN Times - Kekesalan ditampakkan oleh pelatih Timnas U-20 Indonesia, Shin Tae Yong, terkait status Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh. Keduanya dianggap mengacaukan rencana yang sudah diterapkan Shin.

Marselino dan Ronaldo sendiri tidak menampakkan batang hidungnya dalam pemusatan latihan (TC) Timnas U-20 di Lapangan A Gelora Bung Karno, Jumat (3/2/2023). Ternyata, keduanya tengah berada di luar negeri.

Marselino sudah teken kontrak dengan klub asal Belgia, KMSK Deinze. Sedangkan Kwateh, dia dikabarkan tengah berada di Turki untuk mengurus kontrak dengan salah satu klub di sana. Diisukan, klubnya adalah Bodrumspor.

Namun, alih-alih bangga, Shin justru kecewa. Dia tersinggung lantaran kedua pemain itu tak bilang-bilang padanya mau ke luar negeri.

"Jujur tidak bisa diberikan jawaban pasti (soal Marselino dan Ronaldo). Saya belum dapat detail laporan seperti apa. Saya sedikit tersinggung juga, dua pemain itu ke luar negeri tanpa ada laporan," ujar Shin, Jumat (3/2/2023).

1. Marselino dan Ronaldo kacaukan rencana Shin

Shin Tae Yong: Marselino dan Ronaldo Buat Rencana Saya KacauRonaldo Kwateh di laga lawan Timor Leste. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Shin mengaku, kepergian Marselino dan Ronaldo ke luar negeri tanpa sepengetahuannya, mengacaukan rencana yang dia buat di TC kali ini. Dia pun heran dengan sikap kedua pemain tersebut.

"Kami ini sedang mempersiapkan tim untuk Piala Dunia U-20 dan Piala Asia U-20, tapi sekarang rencana yang sudah saya siapkan jadi kacau," ungkap sosok asal Korea Selatan itu.

Baca Juga: Balas Kritikan, Shin Tae Yong: Pelatih Persija Jangan Cari Keuntungan

2. Marselino dikontrak 1,5 tahun oleh Deinze

Shin Tae Yong: Marselino dan Ronaldo Buat Rencana Saya KacauMarselino Ferdinan bergabung dengan KMSK Deinze. (Twitter/@@KMSKDeinze)

Merunut pernyataan resmi Deinze, Marselino dikontrak selama satu setengah tahun, tepatnya hingga Juni 2024. Namun, ada opsi perpanjangan kontrak setahun bagi Deinze bagi penggawa berusia 18 tahun itu.

"Marselino Ferdinan datang dari Indonesia, tepatnya Persebaya, salah satu klub sepak bola terbesar dan terpopuler di Indonesia. Dia telah menandatangani kontrak hingga Juni 2024 dengan opsi tambahan satu tahun,” ujar keterangan resmi Deinze.

Sedangkan Ronaldo, dia masih menjajaki potensi mentas di Turki. Saat ini, Madura United selaku klub pemilik Ronaldo masih berkomunikasi dengan salah satu klub di Turki.

3. Marselino dan Ronaldo andalan Shin

Shin Tae Yong: Marselino dan Ronaldo Buat Rencana Saya KacauMarselino Ferdinan bergabung dengan KMSK Deinze. (Twitter/@@KMSKDeinze)

Marselino dan Ronaldo adalah andalah Shin Tae Yong di Timnas U-20. Keduanya merupakan bagian dari skuad Garuda Nusantara yang mentas di ajang Piala AFF U-19 2022, hingga Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Khusus Marselino, dia bahkan tampil apik bersama Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022. Alhasil, ketiadaan Ronaldo dan sosok asal Persebaya itu di TC Timnas U-20 kali ini, membuat Shin Tae Yong sedikit kesal.

Baca Juga: Thomas Doll Semprot Shin Tae Yong Gelar TC Jangka Panjang Buat Timnas

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya