Staf Pelatih Timnas U-19 Soroti Pemain yang Mulai Takabur

Banyak pemain Timnas U-19 yang performanya turun

Jakarta, IDN Times - Tuntas sudah pemusatan latihan (TC) Timnas U-19 Indonesia di Jakarta. Kini, skuad Garuda Nusantara akan melanjutkan persiapan mereka jelang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Surabaya.

Asisten pelatih Timnas U-19, Nova Arianto, menyoroti beberapa hal yang terjadi selama TC di Jakarta. Dia melihat, ada beberapa pemain yang sudah menunjukkan sifat takabur, alias sombong atau tinggi hati.

"Tim kepelatihan fokus menyoroti beberapa pemain yang mulai tinggi hati dan mengalami penurunan performa setelah Piala AFF U-19 2022 kemarin," ujar Nova dalam cuitan di akun Instagram pribadinya.

1. Nova sarankan pemain harus fokus main di Timnas U-19

Staf Pelatih Timnas U-19 Soroti Pemain yang Mulai TakaburPotret Timnas U-19 di Piala AFF 2022 (IDN Times/Tata Firza)

Nova mengungkapkan, ketika membela Timnas, para pemain harus mengeluarkan fokus yang lebih, bahkan di atas 100 persen. Menurutnya, bermain di Timnas dengan bermain di klub itu berbeda. Ada kebanggaan negara yang dibawa saat main untuk Timnas.

"Bermain untuk Timnas [Indonesia] akan berbeda seperti pemain tampil di klub karena mereka tidak bermain untuk uang tetapi untuk sebuah kebanggaan negara. Jadi pemain harus bekerja lebih keras dan memberikan kemampuannya lebih dari 100 persen," ujar Nova.

Baca Juga: Timnas U-19 Kembali Gagal Raih Kemenangan di Laga Uji Coba

2. Nova minta para pemain tidak cepat puas

Staf Pelatih Timnas U-19 Soroti Pemain yang Mulai TakaburTimnas U-19 dalam laga uji coba. (pssi.org)

Lebih lanjut, Nova meminta agar para pemain tidak cepat puas. Apalagi, para pemain Timnas U-19 masih memiliki karier yang panjang ke depan. Dia ingin agar para pemain terus mengasah kemampuan, karena rasa puas bisa menjadi awal kehancuran.

"Berlatihlah seperti di saat kalian belum menjadi pemain profesional dan pemain Tinnas, karena di saat pemain merasa puas, di situlah awal kehancuran kalian," ujar Nova.

3. Timnas U-19 kalah dalam dua laga uji coba

Staf Pelatih Timnas U-19 Soroti Pemain yang Mulai TakaburTimnas U-19 dalam laga uji coba. (pssi.org)

Timnas U-19 sudah melakoni dua laga uji coba dalam rangka persiapan menuju Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Mereka sudah bersua Persija Jakarta U-18 dan Persis Solo U-18 di Stadion PTIK. Dua laga uji coba ini berakhir dengan hasil yang kurang memuaskan.

Pada Senin (5/9/2022), Timnas U-19 tumbang di tangan Persija U-18 dengan skor 1-2. Sebelumnya, dalam laga lawan Persis, Ronaldo Kwateh dan kolega hanya meraih hasil imbang 0-0. Ini jadi alarm bagi pelatih Garuda Nusantara, Shin Tae Yong.

Baca Juga: Profil Hokky Caraka, Striker Andalan Timnas U-19 dari Gunungkidul

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya