Status Persipura Vs Madura United, LIB: Terserah Komdis PSSI

Persipura vs Madura United batal terlaksana

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita menyebut, operator liga menyerahkan status laga Persipura Jayapura vs Madura United kepada Komisi Disiplin PSSI. LIB sudah mempelajari semua kronologis dan fakta di lapangan.

"Maka, setelah mendapatkan laporan dari match comm, kami melaporkan semuanya ke PSSI dan menyerahkan status pertandingan Persipura versus Madura United kepada Komisi Disiplin PSSI. Kami melakukan semuanya sesuai dengan regulasi,” tegas Akhmad dalam keterangan resminya.

Baca Juga: [BREAKING] Laga Persipura Lawan Madura United Batal Digelar, Ini Penyebabnya

1. LIB menyebut laga bisa dilaksanakan

Status Persipura Vs Madura United, LIB: Terserah Komdis PSSI(Ki-ka) Dirut PT LIB Akhmad Hadian, Sekda Sleman Hardo Kiswoyo, dan Direktur Operasional PT LIB Sudjarno. IDN Times/Tunggul Damarjati

Direktur Operasional LIB, Sudjarno, mengungkapkan bahwa Persipura sempat meminta laga ditunda. Namun, setelah melihat fakta, plus mengacu pada regulasi Liga 1 2021/22, LIB menilai pertandingan bisa dilaksanakan.

"Karena itu, semuanya sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Termasuk juga dengan tim produksi siaran televisi. Mereka sudah siap sehari sebelumnya dan tetap stand by di stadion sampai dengan kick off,” terang Sudjarno.

Baca Juga: PSSI: Sanksi Tegas Menanti Wasit yang Bikin Kesalahan Fatal

2. PSSI sebut semua klub harus mematuhi aturan

Status Persipura Vs Madura United, LIB: Terserah Komdis PSSIKetua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (Sandy Firdaus/IDN Times)

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menegaskan bahwa semua kondisi di ajang Liga 1 2021/22 harus sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang ditetapkan. Semua klub harus mematuhinya.

"Semua harus mematuhinya (regulasi Liga 1 2021/22). Tanpa kecuali,” tegas Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan.

3. Laga Persipura vs Madura United batal terlaksana

Status Persipura Vs Madura United, LIB: Terserah Komdis PSSILogo baru Liga 1 yang kini disponsori BRI. (ligaindonesiabaru.com).

Laga tunda pekan 22 Liga 1 2021/22 yang mempertemukan Persipura dan Madura United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Senin (21/2/2022) malam, batal terlaksana. Pemain dan ofisial Persipura tidak kunjung datang ke stadion.

Padahal, seluruh perangkat pertandingan, Local Organizing Committee (LOC) dan petugas keamanan sudah berada di stadion. Sama halnya dengan tim Madura United. Mereka datang tepat waktu dan sudah memasuki lapangan.

Menilik regulasi Liga 1 2021/22, pasal 13A, disebutkan bahwa tim yang menolak bertanding berpeluang mendapatkan hukuman WO (Walk Out). Jika itu diterapkan PSSI dan LIB, besar kemungkinan Persipura akan dianggap kalah dengan skor 0-3.

Baca Juga: Kemenpora dan PSSI Segera Rapat Bahas Pemain Naturalisasi

Topik:

  • Hana Adi Perdana
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya