Syarat Italia Lolos ke Piala Dunia 2022 

Italia butuh kemenangan di laga terakhir kualifikasi

Jakarta, IDN Times - Status sebagai juara Piala Eropa 2020 ternyata tidak menjadikan langkah Italia mudah di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Mereka sedikit terseok-seok dan harus bersaing ketat dengan kontestan lain di Grup C.

Terbaru, dalam laga menghadapi Swiss, Italia hanya mampu bermain imbang 1-1 lawan Swiss. Hasil ini jadi alarm tersendiri bagi Italia, di tengah upaya mereka dalam mengamankan satu tiket ke putaran final Piala Dunia 2022.

Nah, agar bisa memastikan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2022, ada beberapa cara yang mesti ditempuh Italia. Apa sajakah itu?

1. Italia harus meraih hasil yang lebih baik dari Swiss

Syarat Italia Lolos ke Piala Dunia 2022 Italia vs Swiss. (twitter.com/azzurri)

Gara-gara hasil imbang lawan Swiss, sekarang raihan poin Italia dan Swiss sama, yakni 15. Italia masih jadi pemuncak Grup C lantaran unggul selisih gol atas Swiss. Siapa yang akan lolos Piala Dunia 2022 dari Grup C akan ditentukan pada Senin (15/11/2021) dini hari.

Italia harus meraih kemenangan atas Irlandia Utara, jika perlu dengan skor besar, agar mereka bisa mengunci satu tempat di Piala Dunia 2022. Jika ini tidak bisa dilakukan, setidaknya Italia harus menyamai hasil yang didapat Swiss saat bersua Bulgaria.

Baca Juga: Belgia Rebut Satu Tiket ke Piala Dunia 2022

2. Swiss punya potensi besar untuk mengancam

Syarat Italia Lolos ke Piala Dunia 2022 Spanyol vs Swiss. (twitter.com/Euro2020)

Selama laga Kualifikasi Piala Dunia 2022, Swiss menunjukkan bahwa mereka punya potensi untuk mengancam. Tidak cuma sukses menyamai poin Italia, mereka juga mencatatkan selisih gol yang tidak jauh beda dengan Italia, yakni +9 (berbanding +11) milik Italia.

Keunggulan Swiss atas Italia juga terletak pada "head-to-head" keduanya. Ketika bersua di Basel, Italia hanya mampu bermain imbang 0-0 lawan Swiss. Sedamgkan di Roma, Swiss mampu menahan Italia dengan skor 1-1. Swiss punya bekal keunggulan gol tandang di laga ini.

3. Italia harus segera lolos ke Piala Dunia 2022

Syarat Italia Lolos ke Piala Dunia 2022 Inggris vs Italia. (antaranews.com/foto)

Italia harus sesegera mungkin lolos ke Piala Dunia 2022. Ini untuk menutupi kegagalan mereka yang lolos ke Piala Dunia 2018 lalu, ketika Italia tengah berada dalam masa suram selepas menjadi finalis Piala Eropa 2012.

Jikapun Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup C, sejatinya mereka masih bisa menempuh jalur lolos lewat babak kedua kualifikasi. Namun, jalur ini lebih panjang lantaran mereka harus bersaing dengan para runner-up grup dan dua juara grup UEFA Nations League.

Baca Juga: Daftar 4 Tim yang Sudah Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2022

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya