TC Timnas U-19: PSSI Ultimatum 6 Pemain yang Masih Absen

Masih ada enam pemain yang belum ikut TC

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memberikan ultimatum kepada enam pemain yang belum bergabung ke pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19. Dia ingin agar para pemain itu bergabung paling lambat pada 4 September 2022.

Memang, masih ada enam pemain yang belum gabung ke TC Timnas U-19. Mereka adalah Alfriyanto Nico, Cahya Supriadi, Frengky Missa, Ginanjar Wahyu, Muhammad Ferarri, dan Marselino Ferdinan. Iwan Bule berharap, dalam waktu dekat, enam pemain ini bisa bergabung.

"Mereka sudah harus gabung paling lambat 4 September 2022. Tapi, saya akan komunikasi dengan klub karena lebih cepat lebih baik, terutama di Persija Jakarta yang banyak pemainnya. Nanti, setelah 4 September terserah Shin Tae Yong. Kalau mau dicoret, terserah dia," ujar Iwan Bule saat ditemui di Senayan, Selasa (30/8/2022).

1. Shin memahami kondisi pemain

TC Timnas U-19: PSSI Ultimatum 6 Pemain yang Masih AbsenRabbani Tasnim dan Shi Tae Yong di konferensi pers, Jumat (8/7/2022). (IDN Times/Tino)

Sementara itu, pelatih Timnas U-19, Shin Tae Yong, sebenarnya ingin enam pemain tersebut bergabung sejak awal TC. Namun, dia juga memahami kondisi para pemain yang dibutuhkan di klub. Alhasil, sampai sekarang Shin masih menunggu kehadiran mereka.

"Secara pribadi, saya ingin mereka bergabung dari awal. Tapi, pasti ada urgensi dengan tim masing-masing. Saya memahami juga. Nanti 2 dan 4 September 2022, semoga mereka bergabung ke Timnas," ujar Shin.

Aturan dari FIFA, sebenarnya klub berhak buat menahan pemain. Sebab, TC Timnas U-19 tak dilakukan sepanjang periode FIFA Match Day. Makanya, tak ada yang salah dengan klub untuk menahan mereka.

Baca Juga: Shin Tae Yong Bingung Timnas Masuk Pot 3 Undian Piala AFF 2022

2. Shin akui pemain alami peningkatan

TC Timnas U-19: PSSI Ultimatum 6 Pemain yang Masih AbsenKiper Timnas U-19 Cahya Supriadi tampil menawan di bawah mistar gawang saat mentas di Piala AFF U-19 2022. (IDN Times/Tata Firza)

Shin berujar, selepas menjalani TC sejak 26 Agustus 2022 lalu, para pemain Timnas U-19 mengalami peningkatan, baik secara fisik maupun mental. Mereka terus menunjukkan perkembangan dalam setiap sesi latihan, dan itu membuat Shin senang.

"Pastinya secara mental jadi baik. Secara kemampuan, ada peningkatan. Pemain muda seperti ini berbeda-beda, akan berkembang setiap hari. Dari pemain tunjukkan perkembangan baik," ujar Shin.

3. Timnas U-19 akan melakoni Kualifikasi Piala Asia U-20

TC Timnas U-19: PSSI Ultimatum 6 Pemain yang Masih AbsenPotret Timnas U-19 di Piala AFF 2022 (IDN Times/Tata Firza)

Dalam waktu dekat, Timnas U-19 akan melakoni laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Gelaran kualifikasi ini akan dihelat pada 14 sampai 18 September 2022, bertempat di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Timnas U-19 satu grup dengan Vietnam, Hong Kong, dan Timor Leste, di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Bagi skuad Garuda Muda, ini jadi kali kedua mereka satu grup lagi dengan Vietnam setelah Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga: Spanyol atau Belanda Jadi Destinasi TC Timnas Indonesia U-19 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya