Teja Paku Alam, Sosok Kunci Kuatnya Pertahanan Persib

Teja Paku Alam tampil ciamik bersama Persib

Jakarta, IDN Times - Persib Bandung tengah berada dalam performa apik. Dalam tiga laga terakhir di ajang Liga 1 2021/22, mereka sukses meraih kemenangan. Di balik keberhasilan apik Maung Bandung, ada peran besar dari Teja Paku Alam di dalamnya.

Berkat tiga kemenangan yang didapat di tiga laga terakhir, posisi Persib di klasemen sementara Liga 1 membaik. Mereka kini berada di posisi runner-up, berselisih tiga poin dengan Bhayangkara FC yang berada di puncak. Persib sukses menjawab kritik yang dialamatkan bobotoh kepadanya.

Semua sektor coba mereka perbaiki di seri kedua. Lini serang, tengah, dan belakang, diperbaiki oleh pelatih Robert Rene Alberts. Khusus di lini pertahanan, sosok asal Belanda itu menerapkan skema yang tepat, sehingga lawan kesulitan menembus dari sisi sayap.

Namun, ada satu hal yang melengkapi pertahanan Persib di bawah mistar gawang. Sosok itu adalah Teja Paku Alam. Eks penjaga gawang Semen Padang itu jadi pelengkap pertahanan Persib di tiga laga terakhir.

1. Teja jadi kiper dengan catatan penyelamatan terbanyak

Teja Paku Alam, Sosok Kunci Kuatnya Pertahanan PersibInstagram

Sejauh ini, Teja jadi kiper dengan penampilan ciamik di Indonesia. Catatan penyelamatannya juga banyak. Sejauh ini, Teja menorehkan total 20 penyelamatan, tertinggi ketiga di antara kiper-kiper lain di Indonesia.

Posisi kedua, ada kiper Barito Putera, Aditya Harlan, yang menorehkan 23 penyelamatan. Di posisi teratas, ada kiper Tira-Persikabo, Syahrul Trisna Fadilah, dengan catatan penyelamatan terbanyak, yakni 29 kali.

Baca Juga: Wasit Liga 1 dan Liga 2 Dievaluasi

2. Teja kerap melakukan penyelamatan krusial

Teja Paku Alam, Sosok Kunci Kuatnya Pertahanan PersibInstagram

Banyaknya penyelamatan yang Teja torehkan ini tak lepas dari kemampuan individunya yang ciamik. Kiper yang juga pernah dipanggil masuk Timnas Indonesia ini memiliki refleks dan lompatan yang ciamik.

Kemampuan refleks dan lompatan Teja ini terlihat saat Persib melawan Bhayangkara dan PSIS Semarang. Beberapa peluang yang diciptakan oleh para pemain Bhayangkara dan PSIS, sukses dipatahkan Teja. Bahkan, penalti dari Ezechiel N'Douassel berhasil dia patahkan.

Impresifnya penampilan Teja memberikan rasa nyaman bagi para pemain bertahan Persib. Alhasil, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, dan Achmad Jufriyanto mampu mengatur pertahanan Persib dengan lebih apik.

3. Ujian selanjutnya bagi Teja Paku Alam

Teja Paku Alam, Sosok Kunci Kuatnya Pertahanan PersibPenjaga gawang Semen Padang, Teja Paku Alam terduduk usai timnya dipaksa menyerah atas Arema FC di stadion Kanjuruhan, Senin (28/10/2019). IDN Times/ Alfi Ramadana

Dengan penampilannya yang kokoh, Teja diprediksi akan tetap jadi andalan Persib di bawah mistar gawang. Namun, ujian bagi Teja di Persib masih belum usai. Di sisa seri kedua ini, masih ada beberapa laga yang harus dilalui Teja bersama Persib.

Ada Persipura Jayapura dan Persela Lamongan yang sudah menanti Persib. Di dua laga tersebut, jika Teja dapat menampilkan performa ciamik lagi, pertahanan Persib diprediksi akan tetap aman.

Baca Juga: Perserang Laporkan Dugaan Pengaturan Skor Liga 2 ke PSSI

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya