The Jakmania Minta Persija Segera Bermarkas di JIS

GBK bakal dipadati agenda politik jelang Pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum The Jakmania Diky Soemarno berharap Persija Jakarta bisa berkandang di Jakarta International Stadium (JIS) musim ini. Pasalnya, potensi 'Macan Kemayoran' terusir dari Gelora Bung Karno (GBK) sangat besar.

Pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 nanti, kampanye Pemilui 2024 resmi dimulai. Potensi GBK untuk dipakai sebagai tempat kampanye sangat besar. Alhasil, Diky ingin agar renovasi JIS segera tuntas dan Persija main di sini.

"Justru saya harapannya di musim ini Persija sudah pakai JIS. Karena kita sama-sama tahu kondisi Persija musim ini sangat berat untuk menggelar laga kandang dengan adanya agenda politik dan juga agenda kenegaraan di GBK," ujar Diky, Selasa (4/7/2023).

1. Patriot Candrabhaga tak bisa tampung The Jakmania

The Jakmania Minta Persija Segera Bermarkas di JISStadion Patriot Chandrabaga, Bekasi/antarafoto

Sejatinya, ketika tak bisa memakai GBK, ada Stadion Patriot Candrabhaga yang menjadi opsi lain yang dipakai Persija. Namun, Diky melihat dengan antusiasme The Jakmania yang besar, stadion yang terletak di Bekasi itu tak bisa menampungnya.

"Patriot juga dengan kondisi terakhir kita tahu seperti apa (mati lampu lawan Ratchaburi) dengan kapasitas segitu, dengan fans Persija yang besar tentu ini merugikan bagi Persija. Solusinya ya, pakailah JIS ini," ujar Diky.

Baca Juga: Baru Laga Pertama Liga 1, Persija dan PSM Kritik Wasit!

2. The Jakmania ingin Persija berkandang di JIS

The Jakmania Minta Persija Segera Bermarkas di JISUpdate pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jumat (14/1/2022). (IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Diky pun menegaskan, The Jakmania memang ingin Persija berkandang di JIS secepatnya. Dengan begitu, Persija tak lagi menjadi tim musafir dan tetap bisa bermain di Jakarta ketika GBK tak bisa dipakai.

" The Jakmania ingin juga JIS ini menjadi salah satu stadion yang bisa digunakan Persija. JIS ini jadi pilihan supaya Persija main di Jakarta bukan di luar kota Jakarta," kata Diky.

3. JIS akan direnovasi, terutama rumput dan akses

The Jakmania Minta Persija Segera Bermarkas di JISPenjabat (PJ) Heru Budi Hartono bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri BUMN Erick Thohir usai mengecek kondisi Jakarta International Stadium (JIS), Selasa (4/7/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Pada Selasa (4/7/2023), Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Plt Gubernur DKI Jakarta Heru Budi, menginspeksi JIS. Dari hasil inspeksi itu, diputuskan bahwa JIS akan direnovasi.

Ada beberapa fokus utama renovasi dari JIS ini, seperti aksesibilitas dari dan ke stadion, serta kualitas rumput. Bahkan, disebutkan bahwa kualitas rumput dari stadion yang memang dicanangkan jadi markas Persija ini tidak layak untuk laga internasional.

Baca Juga: 4 Pemain Baru Persija 2023 di Liga 1, Simic Kembali!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya