Tidak Ada Libur Musim Dingin di La Liga Musim Ini

LaLiga 2020/21 tetap berjalan di periode Nataru

Jakarta, IDN Times - Ada sedikit perbedaan yang terjadi di LaLiga musim 2020/21 ini. Khusus musim ini, tidak ada lagi libur musim dingin di LaLiga. Ini jadi yang pertama kali buat LaLiga dalam 81 tahun terakhir.

Musim lalu, LaLiga masih memberlakukan libur musim dingin sebanyak dua minggu. Ketika itu, libur berlaku mulai dari tanggal 21 Desember 2019 hingga 3 Januari 2020. Para pemain memiliki kesempatan untuk berlibur dan menghabiskan Natal serta Tahun Baru bersama keluarga.

Namun, buah dari pandemik COVID-19 yang menyerang dunia, termasuk Spanyol, membuat jadwal LaLiga banyak mengalami perubahan. Semua perubahan itu berlaku mulai akhir musim 2019/20 hingga awal musim 2020/21. Jadi, bagaimana mekanisme libur LaLiga di tengah Natal dan Tahun Baru musim ini?

1. Skema pertandingan LaLiga pada Natal dan Tahun Baru

Tidak Ada Libur Musim Dingin di La Liga Musim IniInstagram : @fcbarcelona

Pandemik COVID-19 membuat jadwal kompetisi Eropa jadi lebih padat. Diawali oleh mundurnya sisa akhir musim 2019/20, pramusim yang cuma sebentar, hingga pemadatan jadwal fase grup Liga Champions, hal itu berlanjut hingga mekanisme libur musim dingin kompetisi.

Khusus untuk LaLiga, hingga 24 Desember, laga LaLiga 2020/21 masih berjalan. Selepas itu, klub akan mendapatkan libur Natal sampai Senin (28/12/2020). Liga akan berlanjut lagi pada Selasa (29/12/2020), dengan laga Sevilla lawan Villarreal sebagai penandanya.

Setelah itu, berturut-turut, pada 30 Desember, 31 Desember, 2 Januari, 3 Januari, sampai 4 Januari, LaLiga akan kembali melanjutkan laga. Jika menilik jadwal ini, tampak bahwa setiap tim akan menjalani tiga laga dalam rentang sepekan. Alhasil, tidak ada libur musim dingin di LaLiga musim ini.

Baca Juga: 4 Wilayah di Jateng Tuan Rumah Kompetisi Liga 1, Liga 2 dan Liga 3

2. Alih-alih kesal, pemain justru tidak sabar

Tidak Ada Libur Musim Dingin di La Liga Musim IniTwitter/@foxsoccer

Dengan mepetnya jadwal pertandingan sampai Tahun Baru mendatang, biasanya para pemain akan mengeluarkan unek-uneknya. Hal itu juga yang sering disuarakan oleh para pemain Premier League, yang sudah lama menjalani ritual Boxing Day.

Namun, para pemain LaLiga justru tidak sabar menantikan ini. Jose Mari, gelandang Cadiz, menyebut bahwa ini akan jadi pengalaman baru bagi para pemain LaLiga. Biasanya, di Natal dan Tahun Baru, mereka berlibur bersama keluarga. Musim ini, mereka harus berjibaku di atas lapangan.

"Saya tidak sabar untuk segera bermain (di periode Tahun Baru). Tahun ini memang tahun yang spesial buat kami semua, karena akhirnya kami memainkan laga di musim dingin sama seperti liga yang lain. Kami bisa menghibur fans dengan permainan kami," ujar Mari, dilansir The Telegraph India.

3. Pemain bisa menghadapi semua ini dengan profesional

Tidak Ada Libur Musim Dingin di La Liga Musim Inigoal.com

Managing Director LaLiga untuk wilayah India, Jose Antonio Cachaza, menyebut bahwa musim ini adalah sejarah buat LaLiga. Terakhir kali, LaLiga memainkan partai saat periode Natal dan Tahun Baru adalah pada 1939 silam. Ia percaya pemain bisa menghadapi semua ini dengan profesional.

"Sekarang, apakah situasi ini jadi sulit buat pemain? Ya, biasanya di Spanyol, Natal dan Tahun Baru adalah masa untuk berlibur, saat di Inggris, para pemain saling beradu di atas lapangan," ujar Cachaza.

"Namun, saya percaya para pemain LaLiga bisa bersikap profesional dan kami juga yakin tidak akan ada masalah yang terjadi. Pemain tetap bisa fokus jelang pertandingan," tambahnya.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Liga Inggris, Serie A, dan Liga Spanyol Pekan Ini

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya