Tim Liga 1 Bisa Pakai GBK, tapi Ada Penyesuaian Tersendiri

Penyesuaian tergantung kemampuan dari klub

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) Rakhmadi Afif Kusumo berujar, selain Timnas Indonesia, Gelora Bung Karno (GBK) juga berpeluang untuk digunakan klub-klub Liga 1.

Namun, Rakhmadi berujar ada penyesuaian-penyesuaian yang harus ditetapkan terkait biaya sewa GBK bagi tim-tim Liga 1. Biaya sewa ini nanti berkaitan dengan regulasi dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan juga berapa laga yang akan mereka mainkan.

"Harus dihitung, nanti mereka mau berapa kali match, berapa banyak penonton, harus ada jaminan kerusakan, lalu untuk regulasinya apakah 100 persen penonton atau tidak. Itu akan berpengaruh terhadap penentuan harga sewa," ujar Rakhmadi di Senayan, Selasa (8/11/2022).

1. Penentuan ada di tangan tim komersial PPK GBK

Tim Liga 1 Bisa Pakai GBK, tapi Ada Penyesuaian TersendiriStadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Herka Yanis)

Rakhmadi berujar, untuk finalisasi harga sewa GBK bagi tim Liga 1, nantinya akan ditentukan juga tim komersial PPK GBK. Harus ada hitung-hitungan lebih detail mengenai total harga sewa ini.

"Untuk klub Liga 1 mungkin perlu kita hitung lebih detail. Saya belum bisa jawab sekarang karena saya harus komunikasi dengan tim komersial PPK GBK. Nantinya, tim-tim Liga 1 pun harus komunikasi dengan kami," ujar Rakhmadi.

2. Sudah ada beberapa tim Liga 1 menyatakan minat

Tim Liga 1 Bisa Pakai GBK, tapi Ada Penyesuaian TersendiriPersija di ajang Liga 1 2022/23. (ligaindonesiabaru,com)

Rakhmadi mengungkapkan, sudah ada beberapa tim Liga 1 yang menyatakan minat berkandang di GBK. Minat ini diutarakan seiring dengan keinginan PSSI yang juga mau menggunakan stadion tersebut untuk kandang Timnas Indonesia.

"Kami harapkan bisa juga (klub Liga 1 bermarkas di GBK). Namun, semua tergantung KLB, PSSI apakah bisa mulai atau tidak, kami harapkan bisa berjalan karena pembukaan Liga 1 tahun lalu kan di sini ya," ujar Rakhmadi.

3. Liga 1 masih menunggu kepastian

Tim Liga 1 Bisa Pakai GBK, tapi Ada Penyesuaian TersendiriWildan Ramdhani, penyerang baru Persita Tangerang. (Dok. Persita)

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memohon kepada pemerintah agar izin Liga 1 2022/23 segera dikeluarkan. Dia menyebut, banyak pelaku sepak bola Indonesia yang mengeluh karena kompetisi tak kunjung dihelat.

"Kemarin teman-teman dari APPI datang ke kami menyampaikan para pemain sudah kesulitan meski tetap digaji kan gitu. Terus kemudian, belum lagi karyawan, kitman, UMKM, itu betul-betul kesusahan mereka dengan tidak adanya Liga 1," tutur Iriawan.

Baca Juga: Timnas Indonesia Bisa Pakai GBK di Piala AFF 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya