Comscore Tracker

Timnas Futsal Indonesia Harus Banyak Uji Coba Internasional

Indonesia punya potensi menyaingi Thailand

Jakarta, IDN Times - Timnas Futsal Indonesia mulai jadi buah bibir pada 2022 ini. Raihan apik di Piala AFF 2022 dan SEA Games 2021 membuat futsal kembali mencuri perhatian. Mereka bahkan dipastikan tampil di Piala Asia 2022.

Salah satu penggawa Timnas Futsal Indonesia, Evan Soumilena, menilai ini sebagai capaian apik. Namun, dia merasa, bahwa futsal Indonesia masih bisa berkembang lagi. Dia pun menyarankan futsal Indonesia banyak melakukan uji coba internasional.

"Kita kan jarang ada uji coba internasional. Jadi harapan saya kalau mau naik level lagi, futsal Indonesia harus banyak uji coba internasional. Kita harus menghadapi lawan-lawan yang levelnya di atas kita," ujar Evan saat ditemui di Grange Park, Selasa (24/5/2022).

1. Mencontoh apa yang dilakukan Thailand

Timnas Futsal Indonesia Harus Banyak Uji Coba InternasionalTimnas Futsal Indonesia di Piala AFF 2022 / Dokumentasi PSSI

Evan mengaku, kekuatan Thailand yang kerap mereka pertontonkan dalam sebuah turnamen, tak lepas dari peran uji coba internasional ini. Alhasil, dia pun meminta futsal Indonesia melakukan hal yang sama, agar kelak bisa melebihi Thailand.

"Saya harus akui, mental pemain Thailand itu bagus karena mereka sering uji coba internasional. Jadi, di partai-partai penentuan, mereka bisa tampil apik. Nah, Indonesia jarang seperti itu. Mental kita sekarang belum bisa diadu dengan Thailand," ujar Evan.

Baca Juga: Sabet Perak Sea Games 2021, 9 Potret Yeremia Rambitan Main Sepak Bola

2. Liga teratur dan pelatih asing juga berpengaruh

Timnas Futsal Indonesia Harus Banyak Uji Coba InternasionalEvan Soumilena, pemain Timnas Futsal Indonesia. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Selain memperbanyak uji coba internasional, liga yang teratur dan kehadiran pelatih asing juga berpengaruh terhadap peningkatan kekuatan Timnas Futsal Indonesia. Untuk dua hal ini, Indonesia perlahan-lahan sudah melakukannya.

"Liga futsal di Thailand sudah lebih teratur, dan mereka juga sudah mulai ada pemain dan pelatih asing di Thailand. Itu juga berpengaruh. Pemain-pemain mereka pun jadi lebih paham dan levelnya meningkat," ujar Evan.

3. Evan tetap yakin Indonesia bisa bersaing

Timnas Futsal Indonesia Harus Banyak Uji Coba InternasionalTimnas Futsal Indonesia saat tampil di Piala AFF 2022 / Dokumentasi PSSI

Untuk saat ini, Evan mengaku tetap yakin Indonesia bisa bersaing. Terdekat, Timnas Futsal Indonesia akan mentas di Piala Asia 2022. Dia optimistis, skuad Garuda bisa finis di posisi delapan atau lima besar Piala Asia.

"Timnas Futsal Indonesia mungkin bisa masuk delapan besar atau lima terbaiklah gitu (di Piala Asia 2022)," ujar Evan.

Baca Juga: 5 Fakta Kemenangan Apriyani/Fadia di SEA Games 2021, Raih Medali Emas

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya