Timnas Indonesia Gilas 10 Pemain Brunei Darussalam

Indonesia bikin Brunei angkat koper dari Piala AFF

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia meraih kemenangan besar dalam laga kedua Grup A Piala AFF 2022. Bersua Brunei Darussalam di Stadion KLFA, Senin (26/12/2022) sore, skuad Garuda menang dengan skor 7-0.

Gol-gol di laga ini dicetak Syahrian Abimanyu (20'), Dendy Sulistyawan (41'), Egy Maulana Vikri (58'), Ilija Spasojevic (61'), Ramadhan Sananta (69'), Marc Klok (86'), dan Yakob Sayuri (90+2'), untuk Indonesia. Skuad Garuda tampil apik.

Sejak awal babak pertama, Indonesia langsung memberikan tekanan ketat ke lini pertahanan Brunei. Sisi kiri jadi titik di mana skuad Garuda kerap melancarkan tekanan, mengandalkan duet Saddil Ramdani-Edo Febriansyah.

Namun, hingga menit 15 laga, Indonesia masih kesulitan membobol gawang Brunei. Pertahanan ketat yang diperagakan oleh Brunei, ditambah minimnya lagi kombinasi di lini serang, membuat gol tak kunjung datang bagi Pasukan Garuda.

Serangan-serangan yang diperagakan Indonesia ini terbilang monoton. Egy Maulana Vikri lebih banyak beraksi secara individu. Pun dengan umpan-umpan silang yang tidak terarah, sehingga menyulitkan Spasojevic di lini depan.

Namun, pada akhirnya Indonesia memecah kebuntuan di menit 20. Bermula dari serangan di sisi kiri, Spasojevic memberikan umpan kepada Syahrian Abimanyu. Dia sukses melesakkan bola ke gawang Brunei, membawa Indonesia unggul 1-0.

Unggul satu angka, Indonesia mempertahankan intensitas tekanannya. Namun, di sini tampak bahwa lini tengah Indonesia kedodoran. Kurang harmonisnya kombinasi Abimanyu dan Rachmat Irianto membuat banyak ruang tercipta di lini tengah Indonesia.

Alhasil, beberapa kali Brunei mampu memanfaatkan ruang ini untuk menekan balik Indonesia. Beruntung, kualitas yang tidak terlalu baik membuat lini pertahanan Indonesia mampu menetralisir serangan-serangan balik Brunei.

Pada menit 38, Indonesia mendapatkan keuntungan usai salah satu pemain Brunei mendapatkan kartu merah. Unggul satu pemain, Indonesia berhasil mencetak gol kedua ke gawang Brunei Darussalam. Semua berawal dari serangan di sisi kanan.

Umpan silang Asnawi menghadirkan kemelut di lini belakang Brunei. Dendy yang berada di depan gawang sukses menceploskan bola ke gawang Brunei. Skor berubah 2-0. Indonesia menambah keunggulan.

Di sisa waktu babak kedua, Indonesia berusaha menambah keunggulan lagi. Namun, gol ketiga tak kunjung datang. Indonesia unggul dua gol atas Brunei Darussalam di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Indonesia masih dominan atas Brunei. Tekanan intensif masih mereka lepaskan, bahkan beberapa di antaranya berpeluang untuk menjadi gol. Sayangnya, hingga menit 56 hal itu urung terjadi.

Salah satu peluang emas itu dicatatkan Hansamu Yama Pranata. Menerima umpan Asnawi, Hansamu yang tinggal berhadapan dengan gawang kosong gagal mencetak gol. Sontak, hal itu menjadi sebuah kejutan tersendiri bagi Indonesia.

Akan tetapi, Indonesia langsung bangkit. Pada menit 58, Indonesia mencetak gol ketiga. Berawal dari umpan silang manis Edo, Egy sukses menceploskan bola ke gawang Brunei via sundulannya. Skor berubah 3-0.

Tiga menit berselang, Indonesia mencetak gol keempat di laga ini. Bermula dari umpan Asnawi, Spasojevic akhirnya mencetak gol untuk Indonesia lewat sebuah backheel sempurna. Skor berubah 4-0 untuk keunggulan Indonesia.

Tertinggal empat gol, Brunei pun langsung melakukan banyak perubahan. Mereka memasukkan Fakharrazi Hassan, Azwan Ali, Haziq Kasyful, dan Awangku Yura Indera Putera. Brunei tampak ingin menambah daya gedor di laga ini.

Indonesia pun turut melakukan perubahan. Ramadhan Sananta, Witan Sulaeman, dan Yakob Sayuri, dimasukkan oleh Shin Tae Yong, untuk menjaga keseimbangan permainan yang sudah tercipta.

Beberapa perubahan yang dilakukan membuat permainan tetap hidup. Namun, pergantian yang dilakukan Indonesia lebih efektif. Menit 69, Sananta sukses mencetak gol usai memanfaatkan umpan Yakob Sayuri. Skor berubah 5-0 untuk Indonesia.

Indonesia kembali memasukkan beberapa pemain selepas mencetak gol kelima, seperti Marc Klok dan Muhammad Rafli. Upaya ini membuahkan hasil. Tekanan Indonesia jadi lebih berwarna, dan tentunya terjaga intensitasnya.

Pada menit 86, Indonesia sukses menorehkan gol keenam. Kembali diawali dari manuver Yakob Sayuri, kini giliran Klok yang sukses mengonversi umpan penggawa PSM Makassar itu menjadi gol. Skor berubah 6-0.

Di sisa waktu babak kedua, Brunei Darussalam masih berusaha untuk mencari gol. Akan tetapi, upaya mereka acap menemui kegagalan. Justru, Indonesia yang sukses mencetak gol ketujuh pada menit 90+2, via sundulan Yakob Sayuri.

Alhasil, babak kedua berakhir dengan skor 7-0 untuk Indonesia. Indonesia sukses menumbangkan Brunei di laga kedua ini, sekaligus meningkatkan produktivitasnya di klasemen Grup A Piala AFF 2022.

Sementara, Brunei hampir dipastikan tersingkir. Mereka sudah kebobolan 17 kali dan cuma mencetak satu gol dalam tiga laga, tanpa meraup satu poin pun karena selalu kalah.

Baca Juga: Susunan Pemain Brunei Vs Indonesia: Shin Tae Yong Rotasi Starting XI

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya