Timnas U-16 Wajib Lebih Tajam Lawan Singapura

Timnas U-16 kerap membuang peluang

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti, meminta anak-anak asuhnya untuk lebih tajam dalam berlaga di Piala AFF 2022. Saat menghadapi Filipina, Minggu (31/7/2022), Bima mengakui anak-anak asuhnya tampil kurang efektif, lantaran banyak peluang yang terbuang percuma.

"Kami instruksikan kepada pemain di babak kedua untuk lebih tenang. Memanfaatkan setiap peluang yang ada. Sayang kami tak bisa manfaatkan peluang yang ada. Beberapa seharusnya bisa kami manfaatkan," ujar Bima dilansir situs resmi federasi.

1. Ketum PSSI pun menilai masih banyak kekurangan

Timnas U-16 Wajib Lebih Tajam Lawan SingapuraKetum PSSI, Mochamad Iriawan, di kantor LIB. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Senada dengan Bima, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menilai banyak kekurangan yang harus dibenahi oleh Timnas U-16. Kekurangan itu merata mulai dari sektor penjaga gawang, lini tengah, hingga depan.

"Masih banyak kekurangan. Saya menginstruksikan juga kepada Direktur Teknik PSSI untuk menunjukkan potongan-potongan video kesalahan pemain untuk jadi bahan evaluasi agar penampilan tim lebih baik di laga selanjutnya," ujar Iriawan.

Baca Juga: Timnas U-16 Buang Banyak Peluang Lawan Filipina, Kenapa?

2. Masih ada waktu untuk evaluasi

Timnas U-16 Wajib Lebih Tajam Lawan SingapuraTimnas U-16 bersua Filipina di Piala AFF U-16 2022. (pssi.org)

Bima menyatakan masih ada waktu bagi Timnas U-16 untuk mengevaluasi permainan. Menurutnya, efektivitas permainan, plus kesalahan-kesalahan individu, harus dibenahi jelang laga kedua nanti.

"Masih ada waktu dua hari untuk evaluasi, kemudian pemulihan pemain. Sebenarnya sayang, masih banyak peluang yang kami dapatkan beberapa kali, tapi tak terjadi gol. Itu seharusnya bisa diperbaiki," ujar Bima.

3. Timnas U-16 selanjutnya hadapi Singapura

Timnas U-16 Wajib Lebih Tajam Lawan SingapuraTimnas U-16 bersua Filipina di Piala AFF U-16 2022. (pssi.org)

Berkat kemenangan atas Filipina ini, Timnas U-16 bertengger di posisi dua klasemen sementara Grup A Piala AFF U-16 2022. Mereka kalah selisih gol dari Vietnam, yang menang 5-1 atas Singapura pada hari yang sama.

Di laga kedua Grup A Piala AFF U-16 2022 nanti, Timnas U-16 akan bersua Singapura. Stadion Maguwoharjo akan jadi venue laga yang dihelat pada 3 Agustus 2022 tersebut.

Baca Juga: Timnas U-16 Raup Kemenangan Perdana di Piala AFF

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya