Timnas U-20 Bantai Hong Kong, Persaingan dengan Vietnam Kian Ketat

Timnas U-20 menang besar lagi

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-20 menang besar dalam laga kedua Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Bersua Hong Kong di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Jumat (16/9/2022) malam, skuad Garuda Nusantara menang dengan skor 5-1.

Gol-gol di laga ini dicetak oleh Rabbani Tasnim (10'), Alfriyanto Nico (22'), Zanadin Faris (43'), dan Marselino Ferdinan (86', 90') untuk Timnas U-20, serta Chen Ngo Hin (59') buat Hong Kong. Ini jadi kemenangan kedua bagi Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Awal babak pertama, Timnas U-20 yang menurunkan susunan pemain yang sangat berbeda di laga ini, langsung memberikan tekanan ke lini pertahanan Hong Kong. Upaya mereka membuahkan hasil pada menit 10.

Berawal dari sepakan bebas Zanadin Faris, Rabbani Tasnim sukses membobol gawang Hong Kong dengan sundulannya. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Indonesia. Selepas unggul, Timnas U-20 tidak mengendurkan tekanannya.

Namun, seiring berjalannya laga, Hong Kong perlahan mulai mampu mengembangkan permainan. Banyaknya ruang kosong di lini tengah Timnas U-20 membuat mereka bebas berkreasi. Hal ini sempat jadi ancaman tersendiri bagi lini pertahanan Timnas U-20.

Beruntung, hal itu tidak berlangsung lama. Timnas U-20 kembali menerapkan pressing ketat pada menit 20. Berkat hal tersebut, mereka sukses menambah keunggulan pada menit 22 lewat sebuah skema atraktif.

Bermula dari kombinasi di sisi kanan, Alfriyanto Nico menerobos masuk kotak penalti. Penggawa Persija Jakarta itu melepaskan sepakan kaki kanan yang gagal dihalau kiper Hong Kong. Skor berubah 2-0 untuk Timnas U-20.

Di sisa waktu babak pertama, Timnas U-20 terus memberikan tekanan ke lini pertahanan Hong Kong. Usaha mereka membuahkan hasil lagi pada menit 43. Kerja sama apik dengan Rabbani, sukses membuat Zanadin mencetak gol ketiga. Skor berubah 3-0.

Hingga babak pertama tuntas, skor 3-0 untuk keunggulan Timnas U-20 bertahan. Memasuki babak kedua, Garuda Nusantara masih tampil dominan atas Hong Kong. Mereka tidak menurunkan intensitas tekanan ke lini pertahanan lawan.

Di sisi lain, Hong Kong masih kesulitan mengembangkan permainan. Serangan-serangan yang mereka bangun kerap tertahan di lini tengah. Tak jarang, mereka juga melakukan kesalahan individu, dan hal itu jadi bonus tersendiri bagi Timnas U-20.

Insiden sempat terjadi pada menit 59. Cahya Supriadi terkena cedera parah, setelah berbenturan dengan Rahmat Beri Santoso. Dia harus ditandu keluar lapangan, sampai-sampai dibawa menggunakan ambulans ke rumah sakit. Cahya digantikan Aditya Arya Nugraha.

Bersamaan dengan itu, upaya Hong Kong mengetuk pertahanan Indonesia akhirnya membuahkan hasil. Chen Ngo Hin membobol gawang Timnas U-20. Meski penaltinya berhasil ditepis, dia sukses memanfaatkan bola muntah. Skor berubah 3-1.

Mencetak satu gol, Hong Kong seolah mendapatkan angin. Beberapa kali, mereka memberikan tekanan ke lini pertahanan Timnas U-20. Di sisi lain, insiden Cahya sempat memperlambat permainan Indonesia. Tak terlihat lagi intensitas permainan Timnas U-20.

Memasuki menit 70, Timnas U-20 mulai bermain lebih santai. Mereka tidak tergesa-gesa memberikan bola ke lini depan, dan lebih tenang dalam mengalirkan bola. Cara ini ternyata lebih efektif bagi para penggawa Garuda Nusantara.

Pada menit 86, Marselino Ferdinan yang masuk di babak kedua sukses menambah gol untuk Timnas U-20. Bermula dari umpan matang Robi Darwis, Marselino mencetak gol lewat sepakan kaki kanannya. Skor berubah jadi 4-1 untuk Indonesia.

Di sisa waktu babak kedua, Timnas U-20 kembali menambah angka. Sepakan penalti Marselino membawa Indonesia unggul 5-1 pada menit 90. Skor ini tidak bertahan sampai babak kedua tuntas, Indonesia sukses membungkam Hong Kong.

Hasil ini membuat persaingan di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 kian ketat. Timnas U-20 dan Vietnam memiliki poin dan selisih gol yang mirip. Produktivitas dan jumlah kemasukannya pun sama. Artinya, partai pamungkas pada Minggu (18/9/2022) akan menjadi penentu nasib keduanya.

Baca Juga: Shin Tae Yong Tantang Timnas U-20 Cetak Gol Pakai Kaki

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya