Timnas U-20 Inginkan Mini Turnamen, Lawannya Argentina dan Portugal?

Timnas U-20 jajaki kemungkinan lawan dua negara itu

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berkata, ada dua negara kuat yang tengah disiapkan untuk jadi lawan Timnas U-20 Indonesia di laga uji coba. Mereka adalah Portugal dan Argentina.

"Kalau ditanya, saya sih mau undang tim Argentina U-20. Mereka kan tidak lolos Piala Dunia U-20 2023, ajak main saja," ujar Amali di Gelora Bung Karno, Kamis (9/2/2023).

1. Amali juga sudah jajaki komunikasi dengan Portugal

Timnas U-20 Inginkan Mini Turnamen, Lawannya Argentina dan Portugal?Menpora dan Ketum PSSI di GBK. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Amali juga berujar, Timnas U-20 punya kemungkinan untuk bersua Portugal. Sama seperti Argentina, Portugal U-20 juga tidak lolos ke Piala Dunia U-20 2023. Amali bahkan sudah menjalin komunikasi dengan Duta Besar (Dubes) Portugal.

"Saya sudah komunikasi dengan Dubes Portugal. Saya bilang komunikasikan dengan federasi agar mereka diundang juga meski tidak lolos. Kemudian, ada beberapa yang akan kami undang juga," ujar Amali.

Baca Juga: Timnas U-20 Bakal Ikut Mini Turnamen, Ini 3 Calon Lawannya

2. Timnas U-20 berencana gelar mini turnamen

Timnas U-20 Inginkan Mini Turnamen, Lawannya Argentina dan Portugal?Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Timnas U-20 memang memiliki rencana untuk menggelar mini turnamen. Sudah ada tiga lawan yang bakal jadi calon peserta mini turnamen itu. Mereka adalah Fiji, Guatemala, dan Republik Dominika.

Nah, nantinya, mini turnamen yang akan melibatkan Argentina dan Portugal ini, berbeda dengan mini turnamen sebelumnya. Mini turnamen lawan Fiji, Guatemala, dan Republik Dominika akan dihelat 17 sampai 22 Februari 2023.

Sedangkan mini turnamen lawan Argentina dan Portugal, akan digelar selepas Piala Asia U-20 2023. Jika mini turnamen sebelumnya adalah persiapan jelang Piala Asia U-20, mini turnamen lawan Argentina dan Portugal adalah persiapan jelang Piala Dunia U-20.

3. Timnas U-20 harus bersua lawan kuat

Timnas U-20 Inginkan Mini Turnamen, Lawannya Argentina dan Portugal?Duel Timnas U-20 versus Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (dok. PSSI)

Amali menginginkan, jelang Piala Dunia U-20 2023 nanti, Timnas U-20 bersua lawan yang kuat. Hal itu akan jadi sebuah ujian tersendiri bagi skuad Garuda Nusantara, apalagi di Piala Dunia nanti tim-tim tangguh sudah menanti.

"Kita bisa lawan Timnas yang kuat, agar anak-anak (penggawa Timnas U-20) mendapatkan atmosfer bagus. Jika Argentina U-20 dan Portugal U-20 bersedia main di uji coba nanti, itu akan jadi hal yang bagus," ujar Amali.

Baca Juga: Timnas U-20 Indonesia Minta Marselino Ferdinan Pulang 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya