Timnas U-23 vs Irak: Siapa Pengganti Rizky Ridho?

Modifikasi harus dilakukan Timnas U-23

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-23 akan melakoni laga penting pada Kamis (2/5/2024) malam. Mereka hraus menghadapi Irak dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23, yang juga menjadi perebutan tiket otomatis lolos Olimpiade 2024, Paris, zona Asia.

Sialnya, dalam momen krusial itu, Timnas U-23 tak bisa diperkuat Rizky Ridho yang harus absen akibat terkena kartu merah dalam laga lawan Uzbekistan. Ketiadaan Ridho, sama halnya seperti absennya Rafael Struick di laga lawan Uzbekistan, akan jadi kehilangan tersendiri bagi Garuda Muda.

1. Rizky Ridho sangat berpengaruh di lini pertahanan

Timnas U-23 vs Irak: Siapa Pengganti Rizky Ridho?Trio bek Timnas U-23, Komang, Pratama arhan, Rizky Ridho (Dok. Persija)

Tak bisa dimungkiri, pengaruh Ridho di lini pertahanan Timnas U-23 sangat besar sepanjang Piala Asia U-23 2024. Statistik dari situs resmi AFC mencatat, Ridho jadi pemain dengan sapuan terbanyak di ajang ini, yakni 23 kali.

Bukan cuma sapuan, Ridho juga andal dalam melakukan intersep di lini pertahanan. Dia juga bisa jadi opsi distributor bola dari lini belakang, membantu Ivar Jenner dan Nathan Tjoe-A-On, dengan peran serupa.

Baca Juga: Head to Head Timnas U-23 vs Irak: Dibayangi Catatan Buruk

2. Bagaimana lini pertahanan Timnas U-23 tanpa Ridho?

Timnas U-23 vs Irak: Siapa Pengganti Rizky Ridho?Instagram

Terkait siapa yang akan menggantikan Ridho, ada kemungkinan Shin Tae Yong memasang duet Muhammad Ferarri dan Komang Teguh Trisnanda di lini pertahanan. Bisa juga, Justin Hubner dipasang sebagai bek tengah.

Jika Hubner jadi bek tengah, Ivar Jenner kemungkinan akan ditemani Arkhan Fikri di posisi gelandang. Modifikasi besar-besaran tentu harus dilakukan Shin, dan banyak opsi yang bisa dia pilih, menilik skuad yang dimiliki.

3. Irak adalah lawan yang tangguh

Timnas U-23 vs Irak: Siapa Pengganti Rizky Ridho?Ali Jasim, winger muda Irak U-23 yang bisa menjadi ancaman bagi Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024 (instagram.com/

Tak bisa dimungkiri, Irak adalah lawan yang sulit bagi Timnas U-23. Meski sempat kalah dari Thailand di awal Piala Asia U-23 2024, mereka menunjukkan mentalitas ciamik dan bangkit keluar sebagai juara grup.

Perlu dicatat, Irak adalah juara Piala Asia U-23 2013 dan pernah lolos Olimpiade 2016. Segudang pengalaman yang mereka miliki di level internasional ini akan jadi tantangan bagi Timnas U-23.

Apalagi, secara head to head, Timnas U-23 pernah kalah telak dari Irak di Asian Games 2006, Doha. Saat itu, mereka dibantai 0-6. Rekor Shin saat jumpa Irak juga buruk dengan menelan dua kekalahan beruntun kala menangani Timnas.

Baca Juga: Pembenahan Fisik dan Mental Timnas U-23 Demi Tiket Olimpiade

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya