Tottenham Hotspur vs Chelsea: Menanti Terobosan Jose Mourinho 

Tottenham hanya menang sekali atas Chelsea

Jakarta, IDN Times - Laga besar akan terselenggara di laga pekan 22 Premier League 2020/21 pada Jumat (5/2/2021) dini hari WIB, yakni Tottenham Hotspur vs Chelsea. Kedua tim akan berjibaku di Stadion Tottenham Hotspur. Laga ini akan jadi penentuan bagi kedua tim.

Memang saat ini kedua tim mengumpulkan poin yang sama, yakni 33 poin. Namun, berkat selisih gol yang lebih baik, Tottenham berada satu tingkat di atas Chelsea di papan klasemen sementara Premier League.

Meski begitu, menilik catatan pertemuan kedua tim dalam enam laga terakhir di semua ajang, Chelsea agaknya boleh berbangga. Mereka masih unggul atas Tottenham.

1. Chelsea hanya sekali kalah dari Tottenham

Tottenham Hotspur vs Chelsea: Menanti Terobosan Jose Mourinho Pesepak bola Chelsea Mason Mount (tengah) berupaya melewati penjagaan dua pemain belakang Burnley dalam laga lanjutan Liga Inggris, di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, Minggu (31/1/2021). Chelsea berhasil mengalahkan Burnley 2-0. ANTARA FOTO/Pool via Reuters-Julian Finney

Situs Whoscored mencatat dalam enam laga terakhir di semua ajang, Chelsea hanya kalah sekali dari Tottenham. Itu terjadi pada September 2020, saat keduanya bersua di ajang Piala Liga Inggris. Chelsea tumbang dari Tottenham di babak adu penalti.

Sisanya, Chelsea mampu meraih empat kemenangan dan sekali meraih hasil imbang. Uniknya, dalam enam pertemuan terakhir, Chelsea tidak pernah mencetak lebih dari dua gol ke gawang Tottenham.

Baca Juga: Jelang Tottenham Vs Chelsea Di Premier League, Ini 3 Faktanya!

2. Kedua tim berada dalam tren berbeda

Tottenham Hotspur vs Chelsea: Menanti Terobosan Jose Mourinho tottenhamhotspur.com

Jelang pertemuan pada Jumat (5/2/2021) dini hari, Chelsea dan Tottenham berada pada situasi berbeda. Di bawah asuhan Thomas Tuchel, Chelsea kini menjelma jadi tim yang mengedepankan penguasaan bola, beserta umpan-umpan pendek yang dominan.

Berkat permainan ini, Chelsea bangkit dalam dua laga terakhir Premier League. Setelah kekalahan dari Leicester dan hasil imbang lawan Wolverhampton Wanderers, Chelsea mampu menang atas Burnley dengan skor 2-0.

Di sisi lain, Tottenham tengah berada dalam tren negatif. Dalam dua laga terakhir Premier League, mereka kalah dua kali di tangan Liverpool dan Brighton. Belum lagi, pemain andalan mereka di lini depan, Harry Kane, mengalami cedera dan harus absen dalam beberapa laga.

3. Melihat bagaimana caranya Tottenham mengatasi kehilangan Kane

Tottenham Hotspur vs Chelsea: Menanti Terobosan Jose Mourinho Instagram.com/harrykane

Kehilangan Kane berdampak besar buat lini depan Tottenham. Dalam laga melawan Brighton, kreativitas lini depan Tottenham berkurang drastis dengan ketiadaan Kane sebagai distributor bola. Mereka hanya bisa menorehkan delapan tembakan di laga tersebut.

Menarik untuk melihat bagaimana Tottenham mengatasi kehilangan Kane ini. Pada laga lawan Brighton, manajer Tottenham Jose Mourinho, coba memasang Gareth Bale dan Son Heung-min di lini kedua. Namun tetap, mereka kehilangan sosok distributor andal.

Di laga lawan Chelsea nanti, Mourinho harus segera mengatasi masalah ini. Sebab, dengan adanya distributor bola yang apik, Tottenham dapat memaksimalkan serangan balik. Dan dengan serangan balik, mereka berpeluang membongkar pertahanan garis tinggi Chelsea ini.

Kira-kira apa terobosan yang akan diambil Mourinho, ya?

Baca Juga: Secara Dramatis, Chelsea Akhirnya Tumbangkan Burnley 2-0

Baca Juga: Bikin Keok Arsenal, Spurs Berharap Mendapat Tempat di Liga Eropa 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya