Tottenham vs Arsenal: Bisakah Meriam London Cetak Gol?

Arsenal tengah mandul belakangan ini

Jakarta, IDN Times - Arsenal tengah berada dalam tren negatif jelang laga pekan 10 Liga Inggris 2020/21. Sialnya, pekan ini, sudah ada lawan berat yang menunggu mereka, yakni Tottenham Hotspur.

Dilansir Whoscored, dalam enam laga terakhir di semua ajang, Tottenham sama sekali tak tersentuh kekalahan. Mereka sukses menorehkan empat kemenangan dan dua hasil imbang. Hasil itu membuat mereka kokoh di puncak klasemen sementara Liga Inggris.

Di sisi lain, Arsenal malah menunjukkan inkonsistensi penampilan. Melewati enam laga terakhir di semua kompetisi, Arsenal hanya menang tiga kali. Sisanya, Arsenal kalah dua kali dan imbang sekali. Mereka terdampar di posisi 14 klasemen sementara Liga Inggris.

Dengan perbedaan kentara di antara keduanya ini, mampukah Arsenal menundukkan, atau setidaknya, menyulitkan Tottenham?

1. Arsenal susah mencetak gol

Tottenham vs Arsenal: Bisakah Meriam London Cetak Gol?Arsenal di Liga Europa. (Twitter/Arsenal)

Gol menjadi salah satu problematika Arsenal musim ini. Dari 10 laga yang sudah mereka jalani di Liga Inggris, 'Meriam London' cuma mencetak 10 gol. Torehan gol mereka bahkan kalah dari Newcastle United yang sudah mencetak 12 gol.

Menilik rataan tembakan Arsenal yang hanya 9,5 kali per laga di Liga Inggris (terendah keempat), tak heran jika Arsenal disebut bermain tanpa tujuan. Memang, penyerangan Arsenal musim ini lebih didasari oleh sistem.

Sialnya, sistem tersebut kerap tidak jalan, karena pemain-pemain macam Pepe, Lacazette, Aubameyang, maupun Bukayo Saka, tidak mampu saling menopang untuk membongkar pertahanan lawan. Belum lagi, dukungan dari tengah juga kurang untuk mereka.

Permasalahan mereka dalam mencetak gol ini akhirnya merembet ke penampilan tim secara keseluruhan. Mereka butuh suntikan pemain, terutama pemain kreatif yang dapat membuka jalan bagi para penyerang untuk mencetak gol.

Baca Juga: 8 Fakta Menarik Tottenham Hotspur, Belum Pernah Juara Premier League!

2. Tottenham sedang bagus-bagusnya

Tottenham vs Arsenal: Bisakah Meriam London Cetak Gol?tottenhamhotspur.com

Jika Arsenal sedang diguncang badai hebat, lain hal dengan Tottenham. Di bawah asuhan Jose Mourinho, mereka jadi tim yang efektif dalam menyerang. Meski torehan tembakan per laga mereka hanya 12, Tottenham kerap mampu membobol gawang lawan.

Ini tak lepas dari peran para penyerang Tottenham yang mulai saling mengisi di lini depan. Harry Kane tidak hanya menjadi pencetak gol saja. Ia mulai jadi pembagi bola yang apik di depan. Rataan umpan kunci per laganya mencapai 3,9 kali.

Umpan-umpan dari Kane ini mampu dimanfaatkan para winger Tottenham dengan baik, terutama oleh Son Heung-min. Sosok asal Korea Selatan itu jadi topskor Tottenham di Liga Inggris dengan catatan 9 gol.

Selain Son, ada winger lain yang juga kerap jadi ancaman bagi lawan, seperti Lucas Moura serta Tanguy Ndombele. Sinergitas di lini serang ini ditopang dengan kekuatan lini pertahanan Tottenham. Dari enam laga terakhir, Tottenham hanya kebobolan 4 gol saja.

3. Sayap adalah kunci

Tottenham vs Arsenal: Bisakah Meriam London Cetak Gol?tottenhamhotspur.com

Di laga nanti, sayap akan jadi kunci dalam duel tersebut. Terlepas dari kemandulan yang mereka alami, Arsenal memiliki pemain-pemain sayap yang berpotensi mengancam pertahanan Tottenham. Ada Bukayo Saka, Nicolas Pepe, serta Willian.

Selain itu, Arsenal juga memiliki bek sayap ofensif bernama Kieran Tierney dan Hector Bellerin. Keduanya dapat menopang serangan Arsenal dari sisi sayap. Namun, jangan lupa, Tottenham juga punya pemain sayap menakutkan.

Selain Son, Moura, dan Ndombele, Tottenham Hotspur punya Steven Bergwijn dan Gareth Bale yang dapat dipasang oleh Jose Mourinho. Mereka ditopang juga oleh bek sayap agresif bernama Serge Aurier dan Sergio Reguillon. Laga Tottenham vs Arsenal ini akan menarik untuk disaksikan.

Baca Juga: Jelang Tottenham Vs Arsenal Di Premier League, Ini 3 Faktanya!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya