8 Fakta Menarik Tottenham Hotspur, Belum Pernah Juara Premier League!

Calon juara Premier League musim ini?

Tottenham Hotspur menjadi salah satu klub yang berkompetisi di Premier League. Saat ini klub berjuluk The Lylywhites tersebut tengah menjadi sorotan berkat penampilan impresifnya di Premier League. Mereka pun menjadi salah satu kandidat juara Premier League musim 2020/2021 ini.

Meskipun berstatus sebagai The Big Six, nyatanya Spurs belum sekali pun mencicipi gelar Premier League. Bahkan gelar terakhir yang pernah mereka raih sudah sangat lama. Selain fakta-fakta tersebut, ada beberapa fakta menarik lainnya dari Tottenham Hotspur yang harus kamu tahu. 

1. Awal mula berdirinya Tottenham Hotspur

8 Fakta Menarik Tottenham Hotspur, Belum Pernah Juara Premier League!tottenhamhotspur.com

Tottenham Hotspur merupakan klub yang berdiri pada 5 September 1982. Awalnya klub ini dibentuk sebagai cabang dari klub kriket yakni Hotspur Cricket Club. Saat itu bernama Hotspur FC dan diubah menjadi Tottenham Hotspur pada tahun 1984. Penambahan kata Tottenham karena klub ini bermarkas di kota bernama Tottenham, bagian utara London.

2. Catatkan sejarah di Piala FA

8 Fakta Menarik Tottenham Hotspur, Belum Pernah Juara Premier League!tottenhamhotspur.com

Tottenham Hotspur pertama kali masuk hirarki kompetisi liga Inggris pada 1896 dengan bergabung di South League. Meskipun berkompetisi di kasta bawah Spurs berhasil menjuarai Piala FA pada tahun 1901. Hal tersebut menjadi sejarah tersendiri, di mana Spurs menjadi klub non-kasta teratas yang menjuarai Piala FA. 

3. Klub Inggris pertama yang juara di kompetisi Eropa

8 Fakta Menarik Tottenham Hotspur, Belum Pernah Juara Premier League!hamhigh.co.uk

Tak hanya mencatatkan sejarah di Piala FA, Tottenham Hotspur juga mencatatkan sejarah di kompetisi Eropa. Di mana mereka menjadi klub Inggris pertama yang menjuarai kompetisi Eropa. Tepatnya di ajang Piala Winners pada tahun 1963. Selain itu, The Lylywhites juga menjadi klub Inggris pertama yang juara Piala UEFA tahun 1972 atau saat ini disebut Europa League. 

4. Tim pertama yang melakukan pergantian di Premier League

8 Fakta Menarik Tottenham Hotspur, Belum Pernah Juara Premier League!twitter.com/SpursOfficial

Tottenham sepertinya sangat hobi mencatatkan diri sebagai yang pertama. Fakta keenam ini yaitu Spurs menjadi klub pertama yang melakukan pergantian di Premier League. Mantan penjaga gawang Tottenham Erik Thorstvedt menjadi pemain pengganti Liga Premier pertama saat ia menggantikan Ian Walker pada pertandingan pertama musim 1992 menghadapi Southampton.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Tottenham Hotspur

5. Belum pernah terdegradasi dari Premier League

8 Fakta Menarik Tottenham Hotspur, Belum Pernah Juara Premier League!tottenhamhotspur.com

Tottenham Hotspur memang belum pernah juara Premier League, namun mereka juga menjadi salah satu klub yang belum pernah degradasi. Prestasi terbaik yang pernah diraih yaitu finish di posisi runner-up pada musim 2016/2017. Sementara untuk catatan terburuk, Spurs pernah mengakhiri musim di posisi 15 pada musim 1993/1994 . 

6. Daftar pemegang rekor klub

8 Fakta Menarik Tottenham Hotspur, Belum Pernah Juara Premier League!independent.co.uk

Pemain dengan penampilan terbanyak bersama Spurs adalah Aaron Lennon dengan 365 pertandingan di semua kompetisi. Untuk top skor sepanjang masa ada Harry Kane dengan 201 gol dan hingga saat ini masih aktif membela Spurs. Sementara untuk rekor pembelian termahal dipegang oleh Tanguy Ndombele dengan harga 60 juta euro. 

7. Pernah diperkuat Diego Maradona

8 Fakta Menarik Tottenham Hotspur, Belum Pernah Juara Premier League!thesportsman.com

Legenda sepak bola Diego Maradona ternyata pernah membela Tottenham Hotspur. Pemain legendaris Argentina itu mengenakan nomor punggung 10 untuk Spurs dalam laga testimoni Ossie Ardiles melawan Inter Milan pada 1986. Saat itu The Lylywhites berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-1.

8. Kapan terakhir kali Spurs juara?

8 Fakta Menarik Tottenham Hotspur, Belum Pernah Juara Premier League!tottenhamhotspur.com

Tottenham Hotspur merupakan klub yang sangat sabar dan tabah. Hal tersebut karena Spurs telah puasa gelar selama kurang lebih 12 tahun. Terakhir kali mereka mengangkat trofi terjadi pada tahun 2008. Di mana saat itu Spurs berhasil menjuarai Piala Liga. Sementara untuk trofi kasta teratas liga Inggris, Spurs terakhir kali mengangkatnya pada musim 1960/1961.

Tottenham Hotspur tentu saja sangat berharap bisa menjadi juara Premier League untuk pertama kalinya. Dengan skuat yang dimiliki saat ini serta dilatih sosok berpengalaman Mourinho, akankah dahaga gelar Premier League bagi Spurs berakhir musim ini?

Baca Juga: 7 Penjualan Pemain Termahal Tottenham Hotspur Sepanjang Masa

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya