Union Berlin, Punk, dan Solidaritas Tanpa Batas

Union Berlin menggila musim ini

Jakarta, IDN Times - Musim 2019/20 jadi perjalanan yang bersejarah buat Union Berlin. Pertama kalinya, tim yang bermarkas di daerah Berlin Timur itu mendapatkan promosi ke Bundesliga

Promosi ini didapatkan usai Union menundukkan VfB Stuttgart dalam babak play-off promosi-degradasi. Sejak saat itu, perjalanan Union Berlin di kompetisi level tertinggi Jerman pun dimulai.

Sebelum mencapai level itu, banyak hal yang mesti dilalui oleh Union Berlin. Hal-hal yang berkaitan dengan unsur punk dan upaya mereka dalam melawan segala keterbatasan yang ada. 

1. Sejarah singkat Union Berlin

Union Berlin, Punk, dan Solidaritas Tanpa BatasUnion Berlin (Twitter.com/fcunion_en)

Sejarah Union Berlin ini berawal pada 1906 silam. Ketika itu, di daerah Oberschoeneweide, berdiri sebuah klub bernama FC Olympia Oberschoeneweide. Klub ini terbilang cukup jaya di kompetisi regional dan nasional sebelum Perang Dunia I. 

Selepas Perang Dunia II, klub ini mengalami pembubaran, buah dari kekalahan Jerman di Perang Dunia II. Barulah sekitar akhir 1945, Oberschoeneweide terbentuk kembali dengan nama baru, yakni SG Oberschoeneweide. 

Pada 1966, klub-klub dari Berlin Timur, termasuk SG Oberschoeneweide akhirnya bergabung dan menjadi Union Berlin. Hingga kini, nama itulah yang dipakai untuk mewakili klub yang berasal dari Berlin Timur tersebut. 

2. Sejarah panjang masuk ke Bundesliga

Union Berlin, Punk, dan Solidaritas Tanpa BatasUnion Berlin (Twitter.com/fcunion_en)

Union Berlin harus melalui perjalanan panjang agar bisa masuk ke Bundesliga. Setelah reunifikasi Jerman di tahun 1990-an, mereka karib dengan masalah finansial hingga kesulitan dapat lisensi untuk mentas di Bundesliga. Mereka juga tidak bisa mentas, bahkan di kompetisi level keempat Jerman. 

Setelah melalui jatuh bangun, termasuk menemukan sponsor yang mau membiayai klub, Union Berlin mampu promosi ke 2. Bundesliga (kompetisi kasta kedua Jerman).  Sejak saat itu, mereka mulai mencicipi kompetisi dengan level yang lebih baik, sampai akhirnya mampu promosi ke Bundesliga di musim 2019/20.

3. Bagaimana gaya main Union Berlin?

Union Berlin, Punk, dan Solidaritas Tanpa BatasUnion Berlin (Twitter.com/fcunion_en)

Sebagai tim yang minim diperkuat pemain bintang, Union mengandalkan kekompakan dalam permainannya. Berbalut formasi dasar 4-5-1, semua pemain saling terhubung satu sama lain, sembari menjalankan peran mereka di atas lapangan.

Kerapatan lini pertahanan jadi kunci permainan Union, berpadu dengan serangan-serangan balik cepat. Tidak cuma itu, mereka juga betul-betul lihai dalam memanfaatkan situasi set-piece. Terbaru, dalam laga lawan Dortmund, dua gol Union berasal dari sepak pojok.

menggunakan gaya main seperti ini, Union menantang klub-klub lain di Bundesliga. Terlihat reaktif, namun solidaritas mereka ini, terutama saat menggalang pertahanan, merupakan salah satu cara yang membuat mereka mampu adu sikut dengan tim Bundesliga lainnya.

Baca Juga: Secara Dramatis, Union Berlin Akhirnya Tumbangkan Borussia Dortmund 2-1

4. Klub rasa punk dan penuh solidaritas

Union Berlin, Punk, dan Solidaritas Tanpa BatasUnion Berlin (Twitter.com/fcunion_en)

Dibandingkan Hertha Berlin, Union Berlin dianggap sebagai klub yang lebih kultural di Berlin. Gaya punk benar-benar diusung di sini, dipraktikkan oleh para suporternya dalam membantu perjalanan klub sampai sekarang. 

Pada 2004, suporter sempat menggalang dana dengan tajuk Bleed for Union. Dana yang didapat dari kampanye ini pada akhirnya digunakan klub agar mendapatkan lisensi untuk tampil di kompetisi level empat Jerman. 

Tidak cuma itu, suporter juga memiliki andil besar dalam memodernisasi kandang Union,  Stadion An der Alten Foersterei. Pada 2008, saat rencana ini digaungkan, lebih dari 2000 suporter bekerja selama hampir 140.000 jam untuk merenovasi stadion tersebut. 

Hasilnya? Sekarang kandang mereka lebih modern dan jadi salah satu stadion berbasis sepak bola (khusus untuk pertandingan sepak bola) terbagus di Jerman. Renovasi sendiri rampung dilaksanakan pada Juli 2013, ditandai dengan laga Union lawan Celtic dalam peresmiannya. 

5. Mampukah mereka bertahan di Bundesliga?

Union Berlin, Punk, dan Solidaritas Tanpa Batasfc-union-berlin.de

Mengedepankan semangat solidaritas yang dimiliki, Union Berlin punya bekal yang cukup untuk bertahan di Bundesliga selama beberapa musim. Apalagi, skema permainan mereka juga didasarkan kepada kekompakan antar pemain. 

Namun, tekanan dari wilayah Jerman Barat selaku penguasa Bundesliga tetap terasa kuat. Apalagi, mereka ditopang modal yang mumpuni. Meski begitu, lewat solidaritas yang dibumbui oleh punk, mestinya Union Berlin mampu menghadapi itu semua. 

Baca Juga: 11 Pemain Termuda yang Mencatatkan Gol di Bundesliga, Moukoko Terbaru!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya