JIS Direnovasi 3 Bulan Demi Piala Dunia U-17

JIS diusahakan jadi salah satu venue

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, didampingi Plt Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi, serta Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, meninjau Jakarta International Stadium (JIS) pada Selasa (4/7/2023). Inspeksi ini dilakukan jelang Piala Dunia U-17 2023.

Ada harapan yang tersemat dalam inspeksi ini. Erick berharap, JIS bisa jadi salah satu venue untuk Piala Dunia U-17 2023. Alhasil, inspeksi harus melibatkan beberapa Kementerian atau lembaga terkait.

"Mudah-mudahan, ada solusi supaya JIS jadi salah satu stadion yang diusulkan ke FIFA untuk Piala Dunia U-17 2023. Salah satu ya. Itu yang akan kami lakukan," ujar Erick di Jakarta, Selasa (4/7/2023).

Baca Juga: Drawing Piala Dunia U-17 2023, Indonesia Masuk Pot 1

1. JIS hanya dibenahi, FIFA yang menilai

JIS Direnovasi 3 Bulan Demi Piala Dunia U-17Suasana JIS di malam hari. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Erick menyatakan lewat inspeksi ini, sektor-sektor yang harus dibenahi dari JIS bisa terlihat dan langsung diperbaiki. Namun, pada akhirnya, penilaian soal layak atau tidaknya JIS jadi venue Piala Dunia U-17, tergantung pada FIFA.

"Standar itu yang menentukan FIFA, bukan PSSI atau siapa pun yang di sini. Kami hanya memperbaiki dan meningkatkan semua yang bisa sesuai dengan standar FIFA," ujar Erick.

2. Upaya menjadikan JIS lebih baik

JIS Direnovasi 3 Bulan Demi Piala Dunia U-17Suasana JIS di malam hari. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Senada dengan Erick, Basuki menyatakan hal ini dilakukan agar JIS jadi lebih baik. Dia tidak ingin stadion semegah JIS nantinya tidak terpakai, apalagi untuk laga-laga internasional.

"Sayang kalau stadion yang sudah begini tidak akan memenuhi syarat (untuk laga internasional). Sangat disayangkan. Untuk itu kami upayakan agar JIS ini bisa masuk di dalam kriteria standar FIFA," ujar Basuki.

3. Renovasi JIS akan berlangsung tiga bulan

JIS Direnovasi 3 Bulan Demi Piala Dunia U-17Penjabat (PJ) Heru Budi Hartono bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri BUMN Erick Thohir usai mengecek kondisi Jakarta International Stadium (JIS), Selasa (4/7/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Erick menyatakan proses renovasi JIS akan berlangsung selama tiga bulan. PSSI juga tengah menanti FIFA yang akan melakukan inspeksi terhadap JIS.

"Target tiga bulan rampung dibereskan (JIS). Kami juga menunggu FIFA datang, dan akan ajukan stadion tidak cuma untuk Piala Dunia U-17 2023 saja, tetapi juga untuk laga-laga Timnas di masa depan," kata Erick.

Baca Juga: Banyak Klub Berpotensi Terusir Saat Piala Dunia U-17 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya