Villarreal Rebut Trofi Liga Europa, Gelar Keempat Buat Unai Emery

Emery menahbiskan diri jadi raja Liga Europa

Jakarta, IDN Times - Villarreal berhasil meraih gelar Liga Europa 2020/21 setelah menundukkan Manchester United lewat drama adu penalti di Stadion Miejski Gdansk, Kamis (27/5/2021) dini hari.

Bagi Villarreal, ini jadi gelar ketiga mereka di kompetisi Eropa setelah pada 2003 dan 2004, mereka juara UEFA Intertoto Cup. Selain jadi gelar ketiga untuk Villarreal, gelar Liga Europa ini juga menghadirkan catatan spesial untuk sang pelatih, Unai Emery.

Ternyata, setelah masa-masa yang tidak mengenakkan di Arsenal, Unai Emery bisa kembali membangun mimpinya bersama Villarreal.

1. Emery sukses sabet empat gelar Liga Europa

Villarreal Rebut Trofi Liga Europa, Gelar Keempat Buat Unai Emerymetro.co.uk

Tidak salah memang jika ada yang menyebut Emery adalah rajanya Liga Europa. Opta mencatat, pelatih yang kini berusia 49 tahun itu sukses menyabet empat gelar Liga Europa. Rinciannya, tiga gelar ia dapat saat melatih Sevilla, plus satu gelar di musim 2020/21 ini.

Emery pun berhasil melewati torehan Giovanni Trapattoni. Pelatih berjuluk 'Mr Trap' tersebut cuma mampu mengoleksi tiga gelar Liga Europa (dulu UEFA Cup), dengan rincian dua gelar bersama Juventus, dan satu gelar bersama Inter Milan. Emery jadi legenda.

Baca Juga: Mengenal Villarreal, Kuda Hitam yang Menjuarai Europa League 2020/21

2. Racikan Emery terbilang apik bersama Villarreal

Villarreal Rebut Trofi Liga Europa, Gelar Keempat Buat Unai EmeryVillarreal merayakan gelar juara Liga Europa usai melibas Manchester United di Polsat Plus Arena Gdansk, Gdansk, Polandia, Kamis (27/5/2021). ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Maja Hitij.

Kendati Villarreal cuma finis di peringkat tujuh LaLiga 2020/21, Emery mampu meracik Villarreal jadi tim yang menakutkan di Liga Europa 2020/21. Opta mencatat, VIllarreal jadi tim yang tak terkalahkan sepanjang gelaran Liga Europa 2020/21 musim ini.

Villarreal juga hanya kebobolan 9 gol, dan mampu mencetak 31 gol selama perhelatan Liga Europa 2020/21. Tidak hanya menjadikan Villarreal sulit dibobol, racikan Emery juga membuat tim berjuluk 'Kapal Selam Kuning' ini jadi tim yang produktif dalam membobol gawang lawan.

3. Emery puji para pemain Villarreal

Villarreal Rebut Trofi Liga Europa, Gelar Keempat Buat Unai EmeryPemain Villarreal Gerard Moreno merayakan gelar juara Liga Europa usai melibas Manchester United di Polsat Plus Arena Gdansk, Gdansk, Polandia, Kamis (2.7/5/2021). ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Michael Sohn

Di tengah sorotan yang tengah melanda dirinya, Emery tetap merendah. Ia menyebut, kemenangan Villarreal di final Liga Europa 2020/21 ini merupakan bukti, bahwa para pemainnya punya mental yang kuat. Hal itu mampu ditunjukkan para pemainnya sepanjang turnamen.

"Saya rasa para pemain kami, Villarreal, telah menunjukkan kekuatan mental yang baik selama kompetisi dan juga di final. Kami tahu caranya bersaing, menderita, mencetak gol, hingga akhirnya kami mampu mengungguli mereka (Manchester United)," ujar Unai Emery, dilansir Football Espana.

Baca Juga: Jelang Manchester City Vs Manchester United Di Premier League, Ini 3 Faktanya!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya