Comscore Tracker

3 Fakta Menarik Laga Hidup-Mati Kroasia Vs Belgia

Belgia wajib menang atas Kroasia

Jakarta, IDN Times - Partai keras akan tersaji di Ahmed Bin Ali Stadium, Kamis (1/12/2022), ketika Kroasia jumpa dengan Belgia. Laga ini diprediksi berjalan sengit karena kepentingan keduanya untuk bisa lolos ke fase gugur Piala Dunia 2022.

Belgia sedang dalam posisi terjepit hingga partai pamungkas penyisihan Grup F. Kekalahan dari Maroko, membuat langkah mereka menuju fase gugur kian berat.

Tak ada pilihan buat Belgia, selain menang atas Kroasia. Namun, itu tak akan mudah diwujudkan Kevin De Bruyne dan kawan-kawan.

Sebelum menyaksikan duel intens ini, ada baiknya kita melirik fakta menarik yang menyelimutinya seperti dikutip Sports Mole.

Baca Juga: Profil Abdelhamid Sabiri, Playmaker Maroko yang Jadi Teror Belgia

1. Kroasia punya catatan buruk

3 Fakta Menarik Laga Hidup-Mati Kroasia Vs BelgiaPesepak bola Belgia Eden Hazard i(kiri) berupaya melepaskan diri dari hadangan pemain belakang Kroasia dalam laga persahabatan jelang Euro 2020, di Stadion Raja Baudouin, Brussels, Belgia, Minggu (6/6/2021). Belgia mengalahkan Kroasia 1-0 lewat gol tunggal yang di cetak Romelu Lukaku . ANTARA FOTO/Reuters-Yves Herman.

Kroasia sebenarnya punya catatan buruk saat jumpa Belgia. Mereka belum pernah menang atas Belgia dalam tiga pertemuan terakhir, dengan rincian dua imbang dan sekali kalah.

Kemenangan terakhir yang diraih Kroasia atas Belgia adalah pada 2010 silam dalam partai persahabatan. Kala itu, Kroasia menang dengan skor tipis, 1-0.

Namun, Kroasia berada dalam kondisi mental yang lebih baik. Selain belum pernah kalah di Grup F, Kroasia juga memiliki modal tak terkalahkan dalam delapan laga di semua ajang. Mereka juga cuma kalah sekali dari 18 pertandingan internasional sejak Piala Eropa 2020. Sanggupkah Belgia menghentikan catatan ini?

2. Belgia melempem

3 Fakta Menarik Laga Hidup-Mati Kroasia Vs BelgiaMaroko kalahkan Belgia di Piala Dunia 2022. (ANTARA FOTO/REUTERS/Amanda Perobelli)

Belgia sedang dalam performa yang melempem. Dari empat laga terakhir, mereka cuma bisa menang sekali. Tiga laga sisanya berakhir dengan kekalahan.

Catatan buruk lainnya dari Setan Merah adalah, rataan konversi gol yang rendah. Dari 19 tembakan yang dilepaskan Belgia di Piala Dunia 2022, cuma satu gol tercipta lewat kaki Michy Batshuayi ke gawang Kanada.

Artinya, rataan konversi gol dibanding peluang Belgia cuma lima persen, terendah yang dicatatkannya sepanjang keikutsertaan di Piala Dunia sejak edisi 1982.

Baca Juga: Skenario Grup F Piala Dunia: Duel Hidup-Mati Kroasia Vs Belgia

3. Pertemuan pertama keduanya di Piala Dunia

3 Fakta Menarik Laga Hidup-Mati Kroasia Vs BelgiaKroasia saat merayakan gol Marko Livaja ke gawang Kanada di Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Meski sudah sering jumpa di pentas Eropa, ternyata ini menjadi pertemuan pertama Belgia dan Kroasia dalam Piala Dunia. Kroasia memang jelek rekornya saat jumpa Belgia di tiga laga terakhir, namun ada modal bagus jika bicara Piala Dunia.

Saat jumpa sesama wakil Eropa di Piala Dunia, Kroasia ternyata cuma kalah dua kali dari 10 kesempatan. Total, mereka menang enam kali dan imbang di pertemuan sisanya. Kekalahan Kroasia cuma datang dari Prancis pada semifinal 1998 dan final 2018.

Topic:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya