Comscore Tracker

Skenario Grup F Piala Dunia: Duel Hidup-Mati Kroasia Vs Belgia

Siapa yang akan lolos ke fase gugur?

Jakarta, IDN Times - Piala Dunia 2022 akan kembali menyajikan partai-partai seru malam nanti mulai pukul 22.00 WIB. Dari Grup F, ada dua pertandingan penentuan yang akan menentukan siapa yang bakal melaju ke babak 16 besar.

Kroasia akan menghadapi Belgia dan Maroko akan melawan Kanada. Hanya Kanada yang sudah tidak punya kans untuk lolos ke fase gugur, sedangkan tiga lainnya, masih memiliki harapan. Lantas, bagaimana skenario nya jika mereka ingin lolos?

Baca Juga: Kroasia Paksa Kanada Angkat Koper dari Piala Dunia 2022

1. Kroasia punya peluang paling besar

Skenario Grup F Piala Dunia: Duel Hidup-Mati Kroasia Vs BelgiaKroasia saat merayakan gol Marko Livaja ke gawang Kanada di Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Situasi di Grup F sangat ketat. Kroasia dan Maroko memiliki empat poin, sedangkan Belgia memiliki tiga poin. Ketiganya pun mesti tampil habis-habisan di laga terakhir untuk mengamankan tiket ke 16 besar.

Bagi Kroasia, saat melawan Belgia intinya jangan kalah. Hasil imbang sudah cukup buat mereka untuk mengantarkan lolos ke fase gugur. Kalau kalah, Kroasia masih bisa lolos dengan catatan Maroko juga keok. Itu pun belum pasti, karena masih akan ditentukan oleh selisih dan produktivitas gol.

2. Maroko cukup memungkinkan lolos

Skenario Grup F Piala Dunia: Duel Hidup-Mati Kroasia Vs BelgiaTimnas Maroko melawan Timnas Belgia di Grup F Piala Dunia 2022. (twitter.com/EnMaroc)

Begitu pun dengan Maroko. Mereka akan dipastikan lolos ke fase gugur Piala Dunia 2022 kalau menang atau imbang melawan Kanada nanti. Jika kalah, The Atlas Lions masih punya kesempatan lolos tetapi dengan beberapa catatan.

Pertama, Kroasia menang atas Belgia yang akan membuat Maroko jadi runner-up. Lalu, Kroasia imbang dengan Belgia, tetapi Maroko tidak kalah dengan selisih empat gol atau lebih. Terakhir, Kroasia kalah, tetapi masih harus ditentukan oleh selisih dan produktivitas gol.

3. Belgia wajib menang

Skenario Grup F Piala Dunia: Duel Hidup-Mati Kroasia Vs BelgiaThibaut Courtois menepis tendangan penalti Alphonso Davies ketik Belgia bersua Kanada di Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022). (Twitter/@FIFAWorldCup2022).

Bagi Belgia, kemenangan atas Kroasia wajib diraih. Mereka juga akan jadi juara grup jika Maroko imbang atau kalah.

Kalau Belgia imbang dengan Kroasia dan Maroko imbang atau menang, maka tim asuhan Roberto Martinez itu tidak akan lolos. Kalau Belgia imbang dan Maroko kalah, maka posisi runner-up antara Belgia dan Maroko akan ditentukan oleh selisih dan produktivitas gol.

Menarik untuk dinantikan siapa yang akhirnya melaju ke babak 16 besar dari Grup F. Jawabannya akan sama-sama kita dapatkan nanti malam.

Baca Juga: Puja-puji Buat Casemiro Usai Cetak Gol Sensasional

Topic:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya