Barcelona dan Manchester United Kena Sanksi FFP

Barcelona dijatuhi denda terbesar

Jakarta, IDN Times - Barcelona dan Manchester United dijatuhi sanksi Financial Fair Play oleh otoritas sepak bola Eropa, UEFA. Per Jumat (14/7/2023), Barcelona dan MU dijatuhi dengan denda yang beragam.

Sanksi itu dijatuhkan UEFA kepada Barcelona dan MU lantaran dianggap tak mampu menjaga kondisi keuangannya. Tapi, jenis pelanggaran Barcelona dan MU berbeda.

1. MU terima sanksi dari UEFA

Barcelona dan Manchester United Kena Sanksi FFPpotret Stadion Old Trafford (bleacherreport.com)

UEFA menjatuhkan sanksi kepada MU dengan denda sebesar 257 ribu poundsterling atau setara Rp5,4 miliar. Itu karena MU dianggap mengalami defisit dalam keuangannya di musim lalu.

"Mengecewakan memang hasilnya, tapi Manchester United menerima denda yang disebut UEFA sebagai pelanggaran minor atas aturan Financial Fair Play," begitu pernyataan resmi MU dilansir Standard.

Baca Juga: Barcelona Butuh Duit, 2 Anak Emas Gak Dijual

2. Denda Barcelona lebih besar

Barcelona dan Manchester United Kena Sanksi FFPMarc-Andre ter Stegen (instagram.com/mterstegen1)

Denda lebih besar diterima oleh Barcelona. Mereka dijatuhi sanksi denda sebesar 482 ribu poundsterling atau setara Rp8,4 miliar.

Barcelona dianggap UEFA telah melakukan pelanggaran berat dengan menjual aset dan memasukan hasilnya sebagai keuntungan. Padahal, penjualan aset dibutuhkan Barcelona agar keluar dari masa krisis.

3. PSG hingga duo Milan lolos sanksi

Barcelona dan Manchester United Kena Sanksi FFPLautaro Martinez, penyerang Inter Milan, melewati adangan pemain AC Milan saat bersua di Liga Champions Eropa 2022/2023. (uefa.com)

Sebenarnya, masih ada sejumlah klub yang menerima sanksi. Mereka APOEL Nicosia, Konyaspor, Istanbul Basaksehir, Trabzonspor, Royal Antwerp, hingga Anderlecht.

Kemudian, Paris Saint-Germain, AC Milan, Inter Milan, yang sempat menjadi pantauan UEFA, lolos dari sanksi. Ketiganya mampu memenuhi target finansial selama 2022.

Baca Juga: Mason Mount, Peran Baru dan Kreasi Gilanya di Manchester United

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya