Dani Alves Jadi Kontroversi Brasil di Piala Dunia 2022

Usianya sudah senja, Alves dikhawatirkan jadi beban Brasil

Jakarta, IDN Times - Brasil menjadi salah satu tim yang menuai pro dan kontra dalam Piala Dunia 2022 di Qatar. Mereka dianggap tak akan bisa bersaing karena memanggil pemain uzur seperti Dani Alves.

Usia Alves yang sudah menginjak 39 tahun dan masih bermain di level tinggi, menjadi sorotan publik Brasil. Mereka ragu kalau Alves jadi pilihan terbaik buat Brasil.

Tapi, mantan pemain Brasil, Ze Roberto, tak sepakat dengan publik. Mereka merasa kalau Alves layak buat masuk skuad Selecao.

"Isu soal usia memang sudah menjadi kultur. Saya mengalaminya ketika kembali ke skuad Brasil setelah Piala Dunia 2006," ujar Ze Roberto dikutip UOL.

1. Usia jadi tabu di sepak bola Brasil

Dani Alves Jadi Kontroversi Brasil di Piala Dunia 2022Dani Alves (fifa.com)

Ze Roberto pernah mengalami hal serupa dengan Alves. Dia kembali ke Timnas Brasil pada 2006 silam, ketika usianya menginjak 32 tahun.

Masih 32 tahun, tapi Ze Roberto sudah dihantam kritik. Makanya, tak heran dengan kasus Alves yang lebih parah.

"Kasus saya, seperti sebuah tabu. Dari yang saya lihat, belum bisa dipatahkan. Sampai sekarang, masalah ini masih berseliweran," kata Ze Roberto.

Baca Juga: Dukung Brasil di Piala Dunia 2022, Fajar Alfian: Paling Komplet!

2. Peran Alves penting di Brasil

Dani Alves Jadi Kontroversi Brasil di Piala Dunia 2022Dani Alves (Instagram.com/danialves)

Kehadiran Alves sebenarnya cukup penting buat Brasil. Ze Roberto menilai, dengan pengalaman dan kematangan Alves, Brasil bisa mendapat dukungan secara moril.

"Pemain baru memang sedang menarik perhatian di Eropa. Tapi, mereka baru pertama kali main di Piala Dunia. Pemain sepert Alves, yang berpengalaman, perlu hadir untuk memberikan dukungan," ujar Ze Roberto.

Baca Juga: Capai Rekor Anyar, Begini Statistik dan Pencapaian Dani Alves

3. Masih layak

Dani Alves Jadi Kontroversi Brasil di Piala Dunia 2022Dani Alves ketika membela Timnas Brasil di Olimpiade Tokyo 2020. (instagram.com/danialves)

Pelatih Tite, disebut Ze Roberto, tak salah memanggil Alves. Sebab, meski sudah nyaris 40 tahun, Alves masih bisa main di level tertinggi.

"Dia dipanggil karena memang performanya luar biasa. Masih layak untuknya masuk ke dalam skuad Piala Dunia, entah main atau tidak," kata Ze Roberto.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya